Lima Masalah Kesehatan Wanita yang Sering Diabaikan

0
44
Picolozine.com, Ini lima isu kesehatan wanita
Lima masalah kesehatan wanita

Picolozine.com, Dalam isu kesehatan wanita sering kali ada beberapa masalah yang diabaikan. Gejala penyakit ini kerap dianggap sepele padahal bisa berakibat fatal dan merupakan penyakit yang perlu penangan serius.

Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang harus diwaspadai oleh para wanita.

  1. Benjolan pada Payudara

Benjolan ini bisa berbahaya juga bisa tidak. Yang tidak berbahaya bisa karena kista, tidak stabilnya hormon, infeksi, bakteri saat menyusui, dan lainnya. Perhatikan segala perubahan yang terjadi. Adanya benjolan tiba-tiba disertai perubahan tekstur bisa menjadi gejala kanker payudara.

Deteksi sejak dini dan periksalah ke dokter dapat mengantisipasi penyakit ini sebelum terlambat.

  1. Tahi lalat

Adaya bintik kecil berwarna coklat kehiataman atau sering disebut tahi lalat sering dianggap sepele. Banyak yang menganggap ini bawaan lahir. Tetapi adanya tahi lalat terbentuk karena pengelompokkan sel penghasil zat warna kulit, melanoist di permukaan kulit tertentu.

Selain faktor keturunan, tahi lalat juga bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari. Ada tahi lalat yang berbahaya dan yang tidak. Yang berbahaya merupakan gejala dari kanker kulit melanoma. Tahi lalat jenis ini akan terasa gatal dan kadang mengeluarkan darah. Periksalah segera apabila ada tahi lalat dengan ciri-ciri itu di tubuh Anda.

  1. Rambut Rontok

Rontoknya rambut bukan hanya soal penampilan. Tetapi juga kesehatan. Hilangnya rambut pada wanita umumnya terjadi pada usia 30-an. Kerontokan yang berlebih ini karena folikel tidak tumbuh dan menjadi masalah serius.

Stres dan persalinan umumnya jadi alasan utama terjadi rambut rontok secara berlebihan. Salah satu penyebab utama lainnya adalah kurangnya nutrisi penting dalam tubuh, yaitu zat besi dan vitamin D.

4. Sakit Perut

Sakit perut pada wanita biasanya dianggap terkatit dengan menstruasi. Padahal sakit perut bisa juga disebabkan karena sembelit. Namun, sakit perut bagian bawah bisa berarti gejala penyakit endometriosis, yaitu penyakit pada sistem reproduksi wanita

Penyakit itu mengenai jaringan dari lapisan dalam dinding rahim atau endometrium tumbuh di luar rongga rahim. Apabila dibiarkan, penyakit ini dapat menyebabkan kemandulan. Segera periksa jika terasa ada gejala.

5. Sering Buang Air

Terlalu sering buang air kecil pada wanita bisa menjadi gejala masalah kesehatan. Selain terlalu banyak minum, penyebab lainnya adalah terlalu aktifnya kandung kemih.

Gejala ini akan menyebabkan otot panggul lemah, kerusakan saraf, kelebihan berat badan, dan kekurangan estrogen yang biasanya terjadi setelah perempuan mengalami menopause.

Nah, masalah kesehatan wanita jangan dianggap sepele. Daripada mengalami beberapa penyakit di atas, lebih baik terus jaga pola hidup sehat dan laporkan jika ada masalah kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here