Tidak Baik Makan Buah Sebelum Tidur, Ini Rekomendasi Sang Ahli

0
28
Makan buah sebelum tidur tidak baik
Makan buah sebelum tidur tidak baik, perhatikan waktu terbaik berikut

picolozine.com, Kandungan serat yang tinggi dalam buah membuatnya sangat baik dikonsumsi terlebih saat menjalani program diet. Namun, terkadang muncul kebingungan manakah yang lebih baik, makan buah sebelum tidur atau di pagi hari.

Makan buah di waktu yang tidak tepat akan menimbulkan masalah kesehatan. Buah yang dikonsumsi bisa memberikan dampak positif atau negatif sesuai dengan waktu konsumsinya.

Menurut ahli gizi di seluruh dunia, ada rekomendasi waktu yang tepat mengkonsumsi buah-buahan.

Waktu pagi

Buah memang paling baik jika dikonsumsi saat pagi hari. Sebab di waktu perut masih kosong, buah yang dimakan akan dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan tubuh. Sehingga membuat nutrisi terserap dengan lebih baik. Buah yang baik dimakan sebelum sarapan adalah pisang, anggur, melon, nanas, pir, mangga, pepaya, apel, dan buah beri.

Sebelum dan sesudah olahraga

Makan buah sebelum berolahraga akan menjadi sumber energi bagi tubuh ketika melakukan olahraga berat. Buah menjadi sumber elektrolit dan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Energi tubuh yang hilang setelah olahraga, sebaiknya dikembalikan dengan konsumsi buah. Sehingga dianjurkan untuk makan buah tidak hanya sebelum, tetapi juga setelah berolahraga. Jenis buah tersebut adalah pisang, anggur, mangga, jeruk, delima, pir, dan nanas.

Konsumsi di antara waktu makan

Makan buah sebelum tidur
Makan buah sebelum tidur ternyata tidak baik

Waktu terbaik lainnya adalah di antara waktu makan. Ini akan jadi kebiasaan baik karena dengan makan buah, pencernaan akan dengan cepat mensekresikan enzim-enzim yang berbeda. Menjadikan buah sebagai camilan yang dikonsumsi di antara waktu makan bisa membantu menurunkan berat badan. Dengan catatan, kamu harus memberi jeda sekitar 30 menit antara waktu makan. Jenis buah-buahan yang bisa kamu konsumsi di waktu ini adalah melon, apel, mangga, jeruk, delima, dan buah beri.

Sebelum makan malam

Buah-buahan lebih rendah kalori dan kaya serat sehingga membuat rasa lapar hilang. Buah lebih baik dikonsumsi sebelum makan malam dibanding sebelum tidur.

Selain itu, ada juga waktu terburuk mengkonsumsi buah-buahan.

Sebelum dan setelah makan tanpa jeda

Ternyata mengkonsumsi buah langsung sebelum dan setelah makan merupakan kebiasaan yang tidak baik. Sebab, sistem pencernaan tidak akan mencerna buah dengan baik sehingga nutrisi penting tidak akan terserap. Terlebih bagi penderita diabetes, setidaknya harus jeda satu jam sebelum makan dan dua jam setelah makan jika ingin mengkonsumsi buah.

Memakan buah dengan makanan lain

Buah yang dikonsumsi dengan makanan lain dapat mengganggu pencernaan dan menimbulkan masalah. Sebab, mproses pencernaan buah dengan makanan lain ini akan lebih lama sehingga membuat waktu buah tinggal di dalam tubuh juga lebih lama dari biasanya. Kemudian, buah akan mulai berfermentasi di dalam tubuh. Hindari, ya!

Sebelum tidur

Ternyata makan buah sebelum tidur merupakan waktu yang tidak tepat. Hal ini karena buah dapat meningkatkan kadar insulin dan gula darah dalam tubuh. Sehingga akan mengganggu tidur malam kamu akan terganggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here