Makanan Bulan Puasa Favorit Nabi Muhammad SAW

0
67
Makanan bulan puasa kesukaan Rasulullah SAW selain kurma adalah buah tin

picolozine.com, Menjalankan ibadah puasa ramadan, tentu kamu akan memilih makanan bulan puasa yang disunnahkan oleh Nabi agar mendapatkan pahala yang semakin banyak. Terlebih saat berbuka puasa adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh mereka yang berpuasa.

Puasa ramadan tidak hanya mendapatkan anugerah dari Allah SWT yang sangat besar, tetapi juga dari segi manfaat yang banyak. Menurut penelitian ilmiah, puasa ramadan bagik bagi kesehatan buat siapa saja yang menjalankannya. Selain mendapat pahala, puasa juga bisa menghilangkan racun-racun dalam tubuh, memperbaharui hormon yang memberikan rasa nyaman dan mental dalam hidup, serta dapat merefresh kembali organ yang ada dalam tubuh.

Sudah tentu, waktu berbuka dan sahur menjadi waktu yang ditunggu oleh umat muslim yang mengerjakan puasa. Berbuka identik dengan berbagai jenis takjil mulai dari asin hingga berasa manis. Orang yang berpuasa tentu tidak sabar untuk menyantap makanan dan mengembalikan kondisi tubuh setelah berpuasa seharian.

Makanan yang dikonsumsi selama puasa ramadan juga harus diperhatikan agar nutrisi harian tercukupi dan tubuh selalu bugar. Makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka juga harus diperhatikan.

Ternyata selain kurma, ada makanan bulan puasa lain yang menjadi favorit Nabi Muhammad SAW. Apa saja?

Buah anggur

Makanan bulan puasa yang disarankan Rasulullah SAW adalah buah anggur
Makanan bulan puasa yang disarankan Rasulullah SAW adalah buah anggur

Buah anggur merupakan buah kesukaan  Rasulullah SAW setelah buah kurma. Dalam hadits yang diriwayatkan Abu Nuaim dijelaskan bahwa ternyata anggur atau kismis bisa membuat wajah cerah dan menghilangkan dahak.

Buah anggur mengandung antioksidan polifenol yang mampu melindungi tubuh dari penyakit dan kejahatan faktor lingkungan, serta melawan radikal bebas.berbagai manfaat buah anggur yang bisa dirasakan yaitu bisa mengatasi gangguan pembuluh darah dan juga jantung. Anggur juga bisa mencegah penyakit kanker, mengurangi gejala insufisiensi vena kronis, menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan daya ingat, mengurangi risiko diabetes, melindungi retina mata, serta memperlambat penuaan.

Zaitun

Makanan bulan puasa selanjutnya yang disukai Rasulullah SAW adalah buah zaitun. Buah yang satu ini memang sudah terkenal akan segudang khasiat bagi kesehatan. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Menurut hadits riwayat HR Ahmad, Ad Darimi, dan Trimidzi, dari Abu Usaid Al-Anshari menjelaskan bahwa Rasulullah SAW menyarankan untuk memakan minyak zaitun karena minyak ini berasal dari pohon yang diberkahi.

Minyak zaitun terbuat dari lemak buah zaitun yang kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal. Minyak ini memang memiliki fungsi yang banyak, bisa digunakan untuk bahan pangan dan non pangan.

Buah Ara atau Buah Tin

Buah ara dikenal dengan buah tin, menjadi menu buka puasa yang disukai Rasulullah SAW. Buah tin ini baik untuk dikonsumsi karena mengandung nutrisi untuk tubuh. Berbuka puasa dengan makan buah tin setelah seharian perut kosong bisa mencegah penyakit usus, lambung, haid, sembelit, dan bisul.

Labu

Makanan bulan puasa yang disukai Nabi Muhammad SAW selanjutnya adalah labu yang mengandung nutrisi baik untuk tubuh. Labu juga bisa diolah menjadi masakan yang enak dan lezat serta menggugah selera. Sifanya yang mengenyangkan, sangat cocok untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka.

Buah delima

Makanan bulan puasa yang disarankan Rasulullah SAW adalah buah delima
Makanan bulan puasa yang disarankan Rasulullah SAW adalah buah delima

Makanan bulan puasa yang disukai Nabi Muhammad SAW lainnya adalah buah delima dikenal mengandung banyak nutrisi yang kaya akan berkah dan rahmat. Selain kurma, buah delima bahkan disebut dalam surat Ar-Rahman ayat 68. Buah delima punya berbagai manfaat seperti mencegah penyakit jantung koroner, mengurangi kolesterol jahat, mencegah kanker, serta mengurangi risiko penyakit radang sendi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here