Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

0
69
Manfaat daun kelor bagi kesehatan
Manfaat daun kelor bagi kesehatan

Picolozine.com, Daun kelor merupakan tanaman yang memiliki ukuran dauan yang sangat kecil. Tumbuhan ini memiliki nama ilmiah Moringa oleifera yang masuk dalam suku moringaceae.

Tanaman kelor ini memang mudah tumbuh di daerah tropis dan sub tropis di kawasan Asia Selatan. Bagi warga masyarakat Indonesia, kelor biasanya dijadikan sebagai obat-obatan dan untuk makanan. Kelor biasanya memiliki tinggi 7 hingga 11 meter dengan ciri-ciri batang yang kurus dengan arah cabang yang tegak. Penelitian tentang kelor ini sudah banyak dilakukan di seluruh dunia, bahkan sejak tahun 1980-an. Hasilnya menyebut bahwa daun beranak gasal yang berwarna hijau terang ini punya banyak manfaat, seperti:

Daun Kelor bagi kesehatan
Daun Kelor bagi kesehatan

Obat Stress
Daun berukuran kecil ini disebut tanaman terbaik untuk mengatasi stress. Menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of Pharmacology and Pharmacodynamics kelor bisa menjadi obat stress karena adanya kandungan adaptogen aami yang bisa melindungi tubuh dari efek racun penyebab stress. Inovasi-inovasi dari tanaman kelor ini bahkan sudah dijadikan ekstrak agar lebih praktis dan bisa dikonsumsi secara rutin untuk menghindari stress.

Mengatasi diabetes
Para penderita diabetes pasti sangat susah menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah. Jangan khawatir, karena ternyata tumbuhan yang satu ini bisa menurunkan kadar gula darah, lho. Penelitian menyebut, 50 gram kelor bisa menurunkan gula darah hingga 21 persen jika dikonsumsi. Sehingga dianjurkan bagi penderita diabetes untuk bisa mengkonsumsi daun ini secara rutin untuk membantu mengurangi kadar gula dan juga kadar kolesterol dalam darah. Daun ini bisa dikonsumsi dalam bentuk aslinya, maupun yang sudah berbentuk suplemen.

Mencegah peradangan
Anti inflamasi dalam tanaman kelor mampu mengurangi peradangan yang terjadi. Sehingga ampuh untuk menjadi obat bagi mereka yang rentan terkena cedera. Peradangan itu penting untuk segera ditangani dan diobati agar tidak menimbulkan penyakit lanjutan. Bahkan peradangan ini bisa memicu terjadinya penyakit kanker dan jantung yang mematikan. Antioksidan dalam daun kelor bisa membantu memerangi radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas ini bisa memicu stress dan menyebabkan penuaan dini pada kulit dan rambut.

Mencegah kanker
Daun kelor menjadi terkenal karena manfaatnya yang bisa mencegah kanker. Menurut penelitian, tanaman kelor ini memiliki sel yang dapat memecah bibit kanker di dalam tubuh manusia. Sehingga daun ini memiliki fungsi mencegah kanker secara alami. Selain itu juga menghambat pertumbuhan sel kanker di stadium awal.

Obat mata
Kelor juga bisa mengobati mata minus dan rabun senja. Mengkonsumsi daun ini secara teratur bisa mempertajam penglihatan dan mata melihat dengan bersih serta jernih kembali. Kandungan vitamin A yang tinggi pada daun ini bisa mencegah penyakit mata. Bahkan retinol yang terdapat pada daun ini bisa mengatasi penyakit mata seperti katarak, rabun dekat, dan rabun jauh. Retinol inilah yang bekerja di batang retina dan membuat visibilitas mata menjadi lebih baik kembali.

Cara menjaga kesehatan mata dengan daun kelor cukup mudah. Langkah yang diperlukan adalah mencuci daun terleih dahulu hingga bersih lalu pidahkan dari batangnya. Haluskan daun dengan alu ataupun blender. Kemudian tambahkan satu gelas air lalu biarkan larutan tersebut dan jangan diaduk. Ampas daun akan mengendap di bagian bawah gelas. Air larutan yang di gelas itu bisa dijadikan sebagai obat tetes mata.

Mencegah penuaan dini
Kerutan di wajah yang muncul ketika sudah memasuki usia 30-an ternyata bisa diatasi dengan daun ajaib ini. Daun ini melawan radikal bebas dan mengatasi masalah kulit keriput dan garis halus. Cara penggunaan kelor untuk kecantikan juga terbilang mudah. Haluskan daun untuk dijadikan masker dan diamkan beberapa saat di wajah. Lalu bilas dan gunakan secara rutin untuk hasil maksimal. Selain ampuh mengurangi garis halus dan keriput, daun ini juga ampuh untuk menghaluskan kulit wajah.

Masker daun kelor bagi kecantikan
Masker daun kelor bagi kecantikan

Mengurangi bibir pecah-pecah
Minyak alami yang dihasilkan dari daun kelor sangat baik untuk dioleskan di bibir karena bisa memberikan kelembaban. Cara menghailkan minyak kelor ini adalah dengan menumbuk daunnya tanpa hingga menjadi sangat halus. Kemudian akan keluar minyak alami dari daun yang bisa dioleskan setiap malam hari. Pagi harinya bibir yang diolesi minyak ini akan lembab dan kenyal.

Mencerahkan kulit
Kulit bersih dan bercahaya adalah dambaan setiap wanita. Noda hitam dan bekas jerawat di wajah bisa bikin kepercayaan diri berkurang. Ternyata kelor bisa menghilangkan noda hitam dan flek di wajah sehingga warna kulit lebih cerah. Bahkan maskeran daun ini bisa mengatasi jerawat bahkan ketika meradang. Dengan mengaplikasikan masker kelor ini bisa mengempeskan jerawat yang sedang meradang.

Detoks tubuh
Masalah jerawat biasanya juga disebabkan oleh darah kotor dalam tubuh. Sehingga perlu dilakukan detoksifikasi dengan mengkonsumsi daun kelor yang dikonsumsi menjadi sayur atau diminum dalam bentuk jus. Kandungan dalam daun ini bisa mengeluarkan racun dalam tubuh yang bisa mengatasi berbagai masalah kulit.

Mengecilkan dan menghaluskan pori-pori
Daun kelor juga bisa dijadikan masker untuk mengecilkan pori-pori yang akan membuat kamu terlihat bagai artis Korea. Pori-pori kecil bisa membuat makeup kamu menempel dengan baik. Daun ajaib ini begitu mudah untuk ditanam dan dipelihara sendiri di rumah tanpa perlu perawatan khusus. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here