Manfaat Pare Untuk Ibu Hamil: Atasi Anemia dan Sembelit

0
39
pare untuk ibu hamil
manfaat pare untuk ibu hamil sangat beragam.

Picolozine.com, Perai atau Pare merupakan jenis tumbuhan merambat yang berasal dari wilayah Asia Tropis, terutama daerah India bagian barat yaitu Assam dan Burma. Salah satu jenis lalapan dari suku labu-labuan ini biasa dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai sayuran maupun bahan pengobatan. Pare memiliki sejumlah manfaat lho, tapi masih banyak yang pro dan kontra terkait mengkonsumsi pare untuk ibu hamil.

Manfaat pare untuk ibu hamil masih menjadi predebatan. Terdapat penelitian yang menunjukan hal lain, konsumsi pare oleh ibu hamil dianggap membawa dampak buruk terhadap kesehatan si ibu dan janin.

Akan tetapi, ada juga yang memiliki pendapat jika konsumsi pare untuk ibu hamil sebenarnya masih aman-aman saja selama mengonsumsinya dalam jumlah yang sesuai atau sesuai aturan.  Berikut sejumlah manfaat pare untuk ibu hamil:

Mengatasi Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar kerap kali dirasakan oleh ibu hamil.  Ketika sedang mengalami sembelit, peting untuk memperbanyak konsumsi air putih, berolah raga, serta konsumsi makanan kaya akan serta.

Pare bisa menjadi salah satu makanan yang bisa di konsumsi ketika sedang mengalami sembelit. Sebab, pare memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dengan konsumsi pare bisa membantu Anda mengatasi masalah sembelit.

Membantu Perkembangan Janin

Pare menjadi salah satu makanan yang tinggi akan kandungan asam folat. Ibu hamil sangat penting mengkonsumi makanan yang mengandung asam folat. Asam folat sendiri memang memiliki manfaat untuk ibu yang sedang mengandung karena dapat mendukung perkembangan pada saraf otak dan jantung janin dalam kandungan.

Jika asupan asam folat tercukupi dengan baik dapat mengurangi risiko bayi lahir cacat. Pare bisa menjadi salah satu makanan yang bisa dikonsumsi ibu hamil.

Tidak hanya memiliki kandungan asam folat yang tinggi, pare juga memiliki kadar magnesium serta asam pantotenat yang menjadi nutrisi penting untuk perkembangan dan pertumbuhan janin.

Peningkatkan Kekebalan Tubuh

Antioksidan menjadi hal yang penting untuk semua orang dan khususnya untuk ibu hamil. Pare diperkaya dengan kandungan yang membuat kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan mencegah ibu hamil dari penyakit yang rentang menyerang seperti flu dan batuk.

Pare mengandung vitamin C yang dapat membantu mencegah infeksi bakteri, jamur, dan virus, Vitamin C diketahui juga bisa mempercepat penyembuhan luka lho.

Kaya Kandungan Mineral

Manfaat pare untuk ibu hamil salah satunya dapat membantu pembentukan tulang janin yang lebih sehat.

Pare mengandung zat-zat mineral seperti kalium, mangan, seng, magnesium, besi dan kalsium yang penting untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Sementara kalsium dapat membantu membentuk tulang dan gigi janin yang lebih sehat.

Mencegah Gestional Diabetes

Gestional Diabetes menjadi salah satu hal yang mengancam kesehatan bayi yang sedang dikandung dan dapat menimbulkan komplikasi.

Untuk mencegahnya, pare bisa menjadi andalan. Pare diketahui mengandung sejumlah molekul antidiabetes seperti Charantin dan polipeptida-P yang dapat membantu Anda terhindar dari diabetes pada masa kehamilan.

Zat gizi yang terkandung dalam pare pun juga dapat mengobati diabetes bersamaan dengan memperbaiki ketidakseimbangan dalam kadar gula darah.

Menyeimbangkan Berat Badan

Pare memiliki kandungan serat larut yang terbilang mambu membuat ibu hamil merasa kenyang lebih lama dan mampu mengurangi keinginan untuk ngemil makanan-makanan tidak sehat. Jika ingin cemil-cemil ibu hamil bisa mencari alternatif lain dengan konsumsi buah-buahan agar serat dan gizi bayi tetap terjaga selain itu dapat mengontrol berat badan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here