Manfaat Sit Up bagi Kesehatan dan Bentuk Tubuh yang Baik

0
13
Manfaat Sit Up
Manfaat Sit Up bagi Kesehatan dan Bentuk Tubuh yang Baik

picolozine.com, Sit up adalah gerakan olahraga dasar yang mudah dilakukan. Manfaat sit up yaitu dapat mengecilkan dan membentuk otot perut. Jenis olahraga ini bisa dilakukan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Meskipun sit up dianggap olahraga yang mudah namun gerakannya merupakan latihan yang mampu melatih beragam otot. Tidak hanya otot perut tetapi juga otot dada, otot panggul, pinggang dan leher.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kalian bisa melakukan sit up secara rutin setidaknya 10-20 kali dalam seminggu. Tidak hanya baik untuk perut sit up memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Berikut manfaat sit up bagi kesehatan dan tubuh :

1. Membakar Kalori

Ketika sedang sit up kamu membakar hingga 2 kalori dalam tubuhmu. Untuk itu sit up juga bisa kamu lakukan untuk menjaga dan membantu program dietmu.

2. Menjaga Kesehatan Otot

Meski sit up berguna untuk membentuk otot pada perut, namun manfaat lain juga dirasakan pada kesehatan otot tubuh. Melakukan sit up dengan rutin dan menggerakan seluruh tubuh akan membuat tubuh bugar. Olahraga ini pun membuat massa otot bertambah.

3. Meningkatkan Daya Tahan Kardiovaskular

Rutin melakukan olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan otot jantung. Jantung merupakan organ vital dalam tubuh. Gerakan olahraga seperti push up dan sit up akan meningkatkan proses pemompaan darah oleh jantung, sehingga dapat memiliki jantung yang kuat dan daya tahan kardiovaskular yang baik.

Olahraga sit up mampu melancarkan aliran darah sehingga sirkulasi oksigen dalam tubuhpun lancar. Hal ini baik untuk proses metabolism berjalan dengan baik dan meminimalisir penyakit. Seperti mengurangi risiko serangan jantung, gagal ginjal, dan penyakit berbahaya lainnya.

4. Memperbaiki Postur Tubuh

Manfaat sit up lainnya adalah memperbaiki postur tubuhmu serta mengatasi sakit pinggang bawah. Rutin melakukan sit up juga memperkecil risiko cedera pada otot dan sendi. Hal ini memudahakanmu melakukan aktivitas sehari-hari.

5.  Membantu Metabolisme

Melatih system kerja otot dengan baik maka akan berpengaruh terhadap sirkulasi oksigen dalam darah. Dengan itu, peningkatan metabolisme mudah terjadi dalam tubuh. Metabolisme yang baik akan membakar lemak dan racun dalam tubuh. Selain itu, sit up juga mampu merangsang organ dalam tubuh meningkatakan metabolism yang berfungsi mengolah nutrisi.

Itulah lima manfaat rutin melakukan sit up bagi kesehatan tubuh dan bentuk tubuh. Sit up merupakan olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di waktu senggangmu. Namun manfaat sit up sangat baik bagi kesehatan tubuhmu. Bagi kalian yang sedang melaksanakan program diet, sit up bisa membantumu untuk melancarkan program dietmu loh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here