Mendeteksi Kanker Payudara Bedasarkan Ciri-Ciri Stadiumnya

0
27
kanker payudara stadium
Mendeteksi kanker payudara

picolozine.com, Pada tahun 2015, kanker payudara menjadi salah satu penyebab utama yang menjadi penyebab wanita meninggal. Ini didasarkan oleh data dari WHO atau World Health Organization menunjukkan sejumlah 570 ribu Wanita meninggal akibat kanker ini. Hal ini memang mengejutkan sekaligus menyeramkan, terutama bagi penderitanya.

Akan tetapi, hal ini dapat dicegah bahkan disembuhkan, jika bisa mendeteksi ciri-ciri ataupun gejala stadium awal pada kanker ini. Sebab itulah setiap dari kita perlu untuk mengetahui ciri-ciri awal maupun gejala yang disebabkan Kanker ini sesegera mungkin. Berikut Penjelasan ciri-ciri kanker payudara bedasarkan stadiumnya:

  • Stadium Nol

Pada tahap ini yang terjadi adalah, munculnya sel kanker yang ada dan berkembang. Akan tetapi perkembangannya hanya ada pada saluran payudara saja, belum menyebar.

  • Stadium Satu

Merupakan kanker stadium awal, ciri-ciri pada kanker ini adalah sel kanker telah mulai berkembang dan membesar. Sel kanker ini berada pada bagian payudara sebagai tempat tumbuhnya.Pada tahap ini sel kanker masih belum menyebar serta ukurannya maksimal 5 cm.

  • Stadium Dua

Ketika telah berada di stadium ini, sel kanker mampu untuk berkembang serta tumbuh dengan berbagai cara. Pada kanker payudara stadium IIA, ukuran massa kanker maksimal 2cm, namun telah menyebar menuju kelenjar limfa pada ketiak.

Sementara pada stadium IIB, massa kanker ukuran telah melebihi 5 cm, namun belum menyebar menuju kelenjar pada bagaian bawah ketiak.

  • Stadium tiga

Jika sudah berada pada stadium tahap ini, dapat dipastikan sel kanker telah mampu untuk menyebar. Stadium IIIA adalah kondisi ketika sel kanker telah menyebar menju bagain tubuh yang lainnya.

Semenatara pada stadium IIIB pertumbuhan sel kanker telah menuju permukaan kulit dan kelenjar getah bening yang ada didalam payudara.

  • Stadium empat

Ciri-ciri penderita stadium empat pada kanker ini adalah pada perkembangannya. Dilihat dari semakin cepat dan kian melebar kanker tersebut menuju bagian organ tubuh yang lainnya.

Sebagai tambahan informasi, inilah beberapa faktor gaya hidup risiko yang mungkin menjadi penyebab kanker payudara terjadi:

  • Mengalami Obesitas atau kelebihan berat badan
  • Mengkonsumsi alkohol yang berlebihan
  • Mempunyai anak pertama pada usia yang telah melewati usia 35 tahun
  • Pada yang Mengkonsumsi Pil Kb.
  • Menjalankan terapi pengganti hormone.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here