Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak Secara Alami Dan Mudah

0
7
Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak Secara Alami
Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak

Picoloine.com, Batuk berdahak pada anak memang dapat membuat anak menjadi tidak nyaman dan sulit untuk tertidur pulas, oleh karena itu kita harus segera megatasinya. Sebelum memberinya obat-obatan, kita dapat mengatasi batuk berdahak pada anak secara alami dan cukup mudah. Para orang tua dapat mencoba beberapa cara, untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak Secara Alami Dan Mudah.
Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak Secara Alami Dan Mudah.

Berikut ini adalah cara mengatasi batuk berdahak pada anak.

Memakai Tetes Air Garam

Cara pertama yang direkomendasikan untuk mengeluarkan dahak pada bayi adalah dengan memakai alat tetes yang diisi air garam. Alat ini bisa dibeli di apotek dan amat berguna untuk bayi usia 6 bulan ke bawah.

Orang tua cukup memberikan beberapa tetes air garam pada setiap lubang hidung lalu gunakan syringe atau alat suntik tanpa jarum tajamnya untuk mengeluarkan lendir. Hal ini bisa dilakukan beberapa kali dan baik dilakukan sebelum makan agar si Kecil mudah mengonsumsi makanan.

Memakai Kapas Basah

Pada kondisi tertentu, lendir atau dahak kemungkinan akan menempel dan lengket pada hidung bayi. Bersihkan memakai kapas yang dibasahi air hangat lalu usapkan dengan lembut di area di mana dahak mengering. Cara ini lebih aman dan tak menyakiti si Kecil.

Melembapkan Udara Di Sekitar Bayi

Melembapkan udara di sekitar bayi yang saluran pernapasannya tersumbat oleh dahak adalah salah satu solusi yang bisa orang tua lakukan di rumah. Prosedur seperti ini dipercaya dapat membantu mengencerkan lapisan dahak pada bayi. Jika lapisan dahak sudah lebih encer, maka ketika si Kecil batuk, dahak akan lebih mudah dikeluarkan dari saluran napas.

Menaruh air panas pada baskom merupakan metode lama untuk memberikan uap di sekitar bayi. Namun, prosedur ini belum didukung oleh banyak ahli terkait keamanannya terhadap saluran pernapasan. Dibandingkan dengan penggunaan uap air panas, orang tua bisa memilih beberapa jenis humidifier (alat pelembap udara) yang aman dijalankan sepanjang hari

Memastikan Anak Mengonsumi Banyak Cairan

Jika anak mengalami sumbatan jalur napas karena dahak, Bunda perlu memerhatikan asupan cairannya. Selain mencegah terjadinya dehidrasi, langkah ini juga dapat membantu mengencerkan dahak pada hidung atau saluran napasnya. Dahak dapat disebabkan karena infeksi pada saluran napas bayi, untuk itu menjaga tubuhnya tetap terhidrasi adalah salah satu langkah yang penting dilakukan para orang tua.

Bagi bayi dengan ASI eksklusif, cobalah tingkatkan frekuensi pemberian ASI pada bayi Anda. Jika si Kecil sudah dapat mengonsumsi makanan lain, orang tua dapat memberikan air putih hangat, sup ayam, atau smoothie buah tanpa es.

Mengonsumsi Madu

Pada anak berusia di atas satu tahun, orang tua mungkin dapat memberikan madu. Madu dapat membantu mengatasi batuk berdahak pada anak. Berikan setengah sampai satu sendok teh madu. Orang tua juga dapat mencampur madu dengan air panas dan menambahkan sedikit perasan lemon sebagai sumber vitamin C alami.

Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak Secara Alami Dan Mudah.
Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak Secara Alami Dan Mudah.

Sebagai peringatan, jangan pernah berikan madu untuk bayi berusia di bawah satu tahun. Hal tersebut mungkin menyebabkan botulisme pada bayi dan dapat berakibat fatal.

Memberikan Tepukan Lembut Di Punggung

Memberikan tepukan lembut pada punggung dapat membantu meringankan sesak di dada. Letakkan si Kecil di atas pangkuan dan tepuk punggungnya dengan menggunakan telapak tangan dengan lembut.

Tepukan bisa juga dilakukan saat si Kecil duduk. Cara ini mungkin akan membuatnya lebih mudah mengeluarkan lendir melalui batuk.

Mengoleskan minyak telon atau minyak kayu putih

Selain poin di atas, pilihan lain cara menghilangkan dahak pada bayi dapat dilakukan dengan mengoleskan minyak telon atau minyak kayu putih pada dada dan punggungnya. Langkah ini dipercaya dapat membantu memudahkan pengeluaran dahak pada paru-paru dan tenggorokan bayi.

Jika orang tua khawatir si Kecil memiliki alergi terhadap kedua bahan ini, cobalah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Meninggikan posisi kepala saat mereka tertidur

Usaha lain yang dapat orang tua terapkan adalah meninggikan posisi kepala si Kecil saat tertidur. Seringkali, dahak membuat tidur si Kecil tidak nyenyak. Untuk mengatasinya, cobalah tempatkan beberapa lapis handuk di bawah bantal mereka. Tetapi perlu dijadikan perhatian, prosedur ini hanya diterapkan pada bayi dengan usia di atas satu tahun.

Nah itulah cara mengatasi batuk beradahak pada anak, cara yang cukup mudah dan alami ini dapat dicoba sebelum membawa anak ke dokter dan memberinya obat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here