Mengetahui Bahaya dan Gejala Virus Corona Menyebabkan Kematian

0
5
virus corona
Mengetahui Bahaya dan Gejala Virus Corona Menyebabkan Kematian

picolozine.com, Wabah virus corona yang bermula dari kota Wuhan di China, terus menjadi perbincangan. Pasalnya virus tersebut dapat berdampak mematikan penderitanya. Tercatat sudah 361 orang tewas dari 16 ribu orang yang terinfeksi. Corona dapat menyerang siapa saja, namun orang dengan lanjut usia, anak-anak serta memiliki daya tahan tubuh yang lemah lebih mudah terserang virus ini.

Corona memiliki gejala yang tidak jauh berbeda dengan penyakit influenza. Virus corona bisa menimbulkan beragam keluhan pada penderitanya. Mulai dari demam, batuk, sulit bernapas, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Selain itu, menurut para ahli di National Institutes of Health – MedlinePlus, virus yang menginfeksi saluran pernapasan atas ini juga bisa menyebabkan gejala yang parah. Infeksi virus corona bisa berubah menjadi pneumonia dengan beragam gejala.

Contohnya, demam yang tinggi, batuk dengan lendir, sesak napas, hingga nyeri dada. Gejala-gejala ini bisa semakin parah bila terjadi pada pengidap penyakit jantung atau paru-paru, orang dengan sistem kekebalan yang lemah, bayi, dan lansia.

Dari gejala-gejala yang disebutkan, penularan virus ini tentu sangat mudah dan cepat terjadi. Penularan bisa terjadi melalui udara, dimana gejala yang ditimbulkan adalah batuk dan bersin sehingga menularkan virus melalui udara. Penularan lainnya juga bisa terjadi akibat kontak fisik dengan penderita corona. Mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi virus juga dapat menjadi faktor penularan.

Untuk mencegah terjadinya penularan, inilah beberapa caranya:

1. Mencuci tangan

Langkah ini bisa diterapkan untuk mencegah virus masuk ke dalam tubuh. Lakukan cuci tangan dengan air dan sabun minimal 20 detik atau cairan pencuci tangan yang mengandung alkohol 60%.

2. Hindari menyentuh bagian wajah dengan tangan yang kotor

Pastikan kalian tidak menyentuh bagian wajah terutama mata, hidung dan mulut dengan kondisi tangan yang kotor atau belum dicuci.

3. Kontak fisik

Hindari kontak fisik dengan orang yang menderita penyakit corona sebagai langkah antisipasi menyebarnya virus melalui kontak fisik.

4. Tidak keluar rumah

Mengurangi intensitas keluar rumah untuk mencegah penyebaran virus melalui udara. Penularan virus corona karena

5. Menggunakan masker

Penggunaan masker dapat menjadi langkah pencegahan yang paling mudah dilakukan. Virus corona sangat mudah tertular melalui penyebaran udara. Masker dapat menjadi salah satu penghalang penyebaran virus tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here