Mengetahui Bahaya Ozon dan Kaitannya dengan Terapi Ozon

0
6
Bahaya Ozon
Mengetahui Bahaya Ozon dan Kaitannya dengan Terapi Ozon

Picolozine.com, Penting untuk diketahui bahaya ozon yang ada disekitar kita. Ozon lebih dikenal sebagai zat pelindung bumi dari lapisan ultraviolet. Namun tahukah bahwa ozon juga digunakan dalam dunia industri dan merupakan gas berbahaya. Kini dalam dunia medis ada yang dikenal dengan terapi ozon. Akahkah hal tersebut membantu atau justru lebih berisiko?

Ozon terbuat dari tiga jenis atom oksigen yang mana pada atmoster berfungsi melindungi bumi, namun di daratan dikelompokkan sebagai polutan udara yang berbahaya. Hal itu karena gas ozon dapat memicu iritasi paru-paru dan tenggorokan, batuk, serta gejala asma. Paparan dengan kadar tinggi pun bahkan dapat menyebabkan kerusakan parah pada paru-paru.

Adapula penelitian yang menyatakan bahwa ozon memiliki manfaat dalam dunia medis. Meski begitu, penelitian ini masih sangat terbatas dalam mengevaluasi efektivitas terapi ozon yang sebenarnya. Sehingga terapi ozon untuk gangguan kesehatan belum disetujui secara resmi sebagai penanganan medis.

Berdasarkan penelitian, beberapa manfaat terapi ozon dapat mengatasi penyakit arthritis atau radang sendi, , melawan infeksi bakteri, virus, jamur, dan protozoa, membersihkan atau mensterilkan luka, mengaktifkan sistem imun, mengatasi penyakit jantung iskemik, mengobati kelainan mata (degenerasi macula), menangani kanker, mengatasi gangguan pernapasan, dan mengobati diabetes.

Ternyata cukup banyak manfaat terapi ozon bagi kesehatan manusia. Namun bukan tanpa risiko, teknik pengobatan satu ini juga memiliki beberapa risiko. Berikut beberapa risiko terapi ozon adalah terjadinya mual, muntah, sakit kepala, batuk dan keluhan pernafasan lain akibat terhirup gas ozon. Risiko lainnya adalah terjadinya infeksi, atau bisa juga terjadinya emboli paru, selain itu juga bisa terjadi penurunan penglihatan pada kedua mata.

Lalu apakah memilih terapi ozon sebagai pengobatan adalah keputusan yang tepat? Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu hal ini pada ahlinya. Pasalnya dunia medis belum secara resmi penerapan terapi ozon untuk kesehatan ini. Selain mengetahui adanya risiko seperti yang disebutkan di atas. Kita juga perlu mengetahui bahwasanya ozon merupakan zat berbahaya bila terapapar kepada manusia.

Berdasarkan penelitian menyebutkan bahwa ozon dapat meracuni makhluk hidup seperti binatang, tumbuhan dan manusia. Bahkan membawa pada kondisi paling berbahaya yaitu kematian. Namun dibeberapa negara maju mengatur batas pengguanan zat ozon pada industri dan air yang membuat bahaya ozon tidak lagi berbahaya bagi manusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here