Mengobati Kista Ovarium Secara Alami, Berikut Tipsnya

0
46
Kista ovarium

Picolozine.com, Kista merupakan tumor jinak yang bentuknya benjolan berisi cairan kental dan jika dilihat mirip seperti anggur. Ada juga yang berisi nanah, udara, dan bahan lainnya.

Jenis penyakit ini bisa tumbuh dimana saja, termasuk dalam rahim. Tentu ini cukup mengkhawatirkan.

Kista ovarium merupakan kantong yang isinya cairan yang ada di dalam ovarium yang merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita. Organ ini merupakan organ vital karena berfungsi menghasilkan sel telur setiap bulannya. Selain itu juga memiliki fungsi untuk menghasilkan hormon esterogen dan progesteron.

Penyebab kista ovarium

Risiko terjadinya kista ovarium meningkat karena kondisi Endometriosis. Kondisi ini terjadi ketika sel-sel yang harusnya di dalam rahim tetapi tumbuh di luar rahim.

Pada kondisi sindrom ovarium polikistik ini banyak kista kecil tetapi tidak berbahaya yang berkembang di ovarium karena tidak keseimbangan hormon indung telur.

Faktor risiko terjadinya kista ovarium

Faktor keturunan bisa menjadi faktor terkena penyakit penyakit ini. Apalagi jika Ibu atau nenek pernah menderita penyakit serupa. Faktor risiko lainnya adalah jika siklus menstruasi tidak teratur.

Menstruasi pertama datang lebih awal ketika masih berumur 11 tahun atau lebih muda juga bisa menjadi faktor risiko terkena penyakit ini. Selain itu juga disebabkan oleh infertilitas, hipotiroidisme atau hormon yang tidak seimbang.

Tapi ada kok cara alami untuk menghilangkan penyakit ini. Simak artikelnya berikut ini.

Kompres dengan handuk hangat atau botol kompres

Untuk mengecilkan kista dan juga mengurangi nyeri perut, kamu bisa mengompresnya dengan handuk hangat atau menggunakan botol kompres. Cara ini disebut efektif untuk mengurangi ukuran benjolannya.

Kecilkan kista ovarium dengan mengompres
Mengompres kista ovarium dengan air hangat

Caranya kamu tinggal mencelupkan handuk bersih ke dalam air panas dan peras. Bisa juga menggunakan botol kompres. Lalu kompreslah bagian perut atau panggul bawah dengan posisi berbaring selama 20 menit sampai perut kamu merasa nyaman.

Cara ini bisa kamu lakukan sesering mungkin, terlebih ketika perut kamu terasa nyeri. Tapi, perawatan ini bisa kamu terapkan untuk kista yang ukurannya masih kecil dan bisa hilang secara alami ketika kamu haid.

Kompres dengan minyak jarak

Minyak jarak dikenal ebagai obat kuno yang bisa merangsang peredaran darah dan bisa membersihkan kista ovarium, lho. Caranya juga mudah, kamu cukup meneteskan minyak jarak pada handuk kecil dan letakkan di atas perut. Taruh botol kompres di atas handuk dan tutup dengan kain yang lebih tebal lalu diamkan selama 20-30 menit. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menerapkan cara ini 1-10 pasca haid.

Mandi dengan garam epsom atau garam inggris

Untuk memberikan rasa rileks pada otot panggul dan membuat benjolan di ovarium mengempis, kamu bisa mandi dengan larutan garam epsom ini. Sebab garam ini mengandung magnesium tinggi yang bisa membuat otot panggul kamu lebih rileks.

Caranya juga mudah, kamu bisa melarutkan satu cangkir garam epsom dalam air hangat  dalam bak mandi. Lalu rendam bagian bawah tubuh lebih kurang sekitar 30 menit dan lakukan dua kali dalam sehari agar hasilnya maksimal. Namun dilarang untuk melakukan cara ini ketika kamu sedang haid karena bisa memberikan efek samping seperti menyebabkan pendarahan berat dan rasa sakit berlebihan.

Konsumsi cuka sari apel

Kamu bisa menyeduh 1 sendok sari cuka apel dengan air hangat. Disarankan untuk meminum ketika masih hangat. Agar khasiatnya terasa maksimal, minum dua gelas setiap hari. Kamu juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman ini selama masa menstruasi karena bisa mengakibatkan kram perut dan pendarahan berat. Hati-hati ya.

Konsumsi jus bit

Tahukah kamu bahwa buah bit merah mengandung betasianin yang bisa membantu kerja hati membersihkan racun. Ternyata buah bit juga bisa mengobati kista ovarium lho. Sifat asam yang terkandung di dalamnya membuat buah ini bisa melarutkan kista secara alami.

Cara membuat jus ini juga mudah. Blender buah bit, stroberi, jambu merah, dan juga wortel dan minum setiap pagi ketika perut kamu masih kosong. Cara ini disebut efektif menghilangkan kista ovarium lho.

Konsumsi seduhan flax seed

Flax seed atau biji rumi merupakan biji dari tanaman bunga flax. Bentuknya seperti biji wijen. Biji rumi ini bisa menyeimbanngkan hormon, membuang racun dalam tubuh, mengurangi kolesterol hingga mengurangi risiko obesitas.

Membuatnya juga mudah hanya dengan melarutkan flax seed dalam air hangat saja. Minum larutan ini sebelum sarapan. Jika ingin mendapatkan cita rasa yang lebih enak, kamu juga bisa menaburkan biji rumi ini di atas smoothis, salad, atau juga sup buah.

Konsumsi almond

Kamu bisa mengganti camilan kamu dengan kacang almond agar lebih sehat. Selain mengatasi nyeri, kacang almond juga bisa mengurangi ukuran kista lho.

almond sebagai obat alami kista ovarium
Almond bisa jadi obat alami kista ovarium

Selain itu, kamu juga bisa minum susu almond tanpa gula. Bisa juga menjadikan minyak almond untuk mengompres perut.

Atur pola makan sehat

Kamu harus mengatur tingkat hormon estrogen dalam tubuh dengan pola makan yang sehat dan teratur. Estrogen yang terlalu banyak bisa membuat siklus mens kamu tidak teratur dan membuat ukuran kista kamu semakin besar.

Untuk mengendalikan hormon estrogen kamu juga bisa mengkonsumsi susu kambing asli atau susu yang diolah dengan pasteurisasi. Hindari makanan yang sudah sipanaskan dengan microwave. Apalagi makanan dengan kemasan plastik.

Kamu juga bisa mengurangi makanan atau minuman dari bahan kedelai. Meminum air mineral yang dibungkus plastik juga tidak disarankan. Serta menghindari penggunakan kosmetik berbahan kimia.

Tingkatkan hormon progesteron

Level progesteron dalam tubuh akan turun jika tingkat estrogen kamu meningkat. Ini akan membuat hormon dalam tubuh kamu tidak seimbang dan berdampak pada ukuran kista yang membesar.

Maka dari itu, kamu bisa menyeimbangkan hormon progesteron dalam tubuh dengan beberapa cara. Sebisa mungkin menghindari konsumsi lemak berlebih dan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung magnesium. Konsumsi asupan vitamin C seperti jeruk, bayam, pepaya, kiwi, dan juga paprika kuning.

Perbanyak konsumsi vitamin B6 yang tinggi seperti ikan tuna, daging kalkun, kurma, dan pistachio. Penting untuk memperbanyak makanan yang tinggi mineral seng. Selain dari segi makanan, kamu juga harus menjaga agar pikiran kamu terbebas dari tekanan dan stress berlebihan.

Tidak disarankan juga mengkonsumsi kafein, teh hitam, soda, alkohol, serta yang mengandung pemanis buatan.

Ketika kamu memiliki kista ovarium, kamu juga harus menjaga berat badan dan konsultasilah dengan dokter. Selama kamu masih melakukan berbagai upaya dengan maksimal, tentu peluang untuk kamu hamil masih ada. Semangat ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here