Menjelang Ramadan, Ini Menu Buka Puasa Sehat yang Harus Kamu Tahu

0
40
Menu buka puasa nasi goreng quinoa
Menu buka puasa nasi goreng quinoa

Picolozine.com, Mendekati Ramadan 2019, tentu saja sebagian orang sudah mempersiapkan menu buka puasa sehat selama sebulan menjalankan ibadah puasa. Buka puasa tentu saja identik dengan aneka makanan manis dan mengenyangkan. Seperti kolak, nasi lengkap, bahkan juga gorengan. Aneka makanan tersebut dipercaya bisa membuat energi tubuh kembali setelah seharian penuh menahan lapar dan haus.

Makanan yang disebut di atas tentu saja mengandung kadar lemak, garam, dan kandungan gula yang tinggi, sehingga bisa mengancam kesehatan. Sebagian orang ada yang menghindarinya. Jika kamu ingin mengkonsumsi makanan sehat selama bulan Ramadan, berikut menu buka puasa sehat yang bisa kamu coba nantinya.

Mashed potatoes

Kentang tumbuk atau dikenal dengan mashed potatoes disebut cocok untuk jadi sajian saat berbuka puasa pengganti nasi yang bisa buat kamu merasa kenyang. Tidak hanya kaya akan karbohidrat dan juga serat, kentang juga punya kandugan karotenoid yang bisa meningkatkan kondisi kesehatan jantung.

Menu buka puasa sehat mashed potatoes
Menu buka puasa sehat mashed potatoes

Cara membuatnya juga terbilang mudah, yaitu dengan menghaluskan kentang dengan mentega. Jangan lupa kentang terlebih dahulu dikukus. Lalu tambahkan keju parut serta susu cair pada kentang yang dihaluskan. Aduk hingga teksturnya menjadi lebih lengket. Mashed potatoes yang creamy dan gurih sudah bisa disajikan! Akan lebih enak jika disantap dengan irisan daging panggang.

Nasi jagung dengan lauk

Menu yang satu ini merupakan menu tradisional yang tentu saja bisa disajikan untuk makanan buka puasa yang menyehatkan. Nasi jagung ini dibuat dari jagung yang sudah tua, ditumbuk, dan dikukus sampai matang. Diketahui jagung mengandung serat yang baik untuk memperlancar sistem pencernaan kamu. Tentunya bisa membuat ibadah puasa kamu lebih lancar dan maksimal.

Jagung juga mengandung zat besi yang berfungsi mencegah serta menurunkan anemia selama Ramadan. Selain itu juga bisa mencegah kekurangan darah. Agar hidangan nasi jagung kamu makin sehat dan nikmat, kamu bisa kombinasikan dengan berbagai lauk pauk seperti ayam, ikan, sambal pedas, atau tumisan, misalnya. Sesuai selera saja.

Nasi goreng quinoa

Nasi goreng ini tentu saja terbuat dari biji quinoa. Membuatnya juga cukup mudah, kamu tinggal merebus biji quinoa terlebih dahulu, lalu tumis bersama bumbu nasi goreng seperti biasa. ini akan jadi hidangan buka puasa yang unik dan juga lebih menyehatkan karena kaya akan kandungan serat, protein, dan juga asam amino. Kandungan tersebut bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan kamu dan mempercepat tumbuhnya jaringan tubuh yang baru. Nasi goreng quinoa ini bisa kamu lengkapi dengan menambahkan brokoli, wortel, sawi, maupun berbagai jenis daging yang tentu saja kaya akan protein. Ini akan jadi menu buka puasa yang menyehatkan.

Bihun goreng

Bihun goreng ini merupakan hidangan khas Indonesia, hampir semua masyarakat lokal pernah mengkonsumsinya. Menu yang satu ini juga bisa menjadi hidangan buka puasa pengganti nasi. Tekstur bihun bisa membuat kamu jadi bersemangat untuk makan serta menyehatkan sebab mengandung rendah GI atau dikenal dengan indek glikemik yang bisa membuat perut kamu merasa kenyang lebih lama.

Agar semakin sehat dan punya gizi yang tinggi, kamu bisa mencampurkannya dengan sayuran seperti wortel, sawi, brokoli, ataupun kubis.

Sup makaroni

Menu buka puasa sehat sup makaroni
Menu buka puasa sehat sup makaroni

Menu buka puasa sehat lainnya ada sup makaroni hangat yang bisa bikin perut kamu nyaman. Makaroni bisa bikin energi kamu kembali serta perut kamu terasa lebih kenyang karena termasuk low GI. Makanan dengan indeks glikemiks rendah membuat proses penyerapan glukosa menjadi lebih lambat. Agar sup makaroni kamu semakin enak, kamu bisa mengkombinasikannya dengan sayuran, potongan daging maupun ikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here