Menu Buka Puasa Sehat yang Harus Ada Selama Ramadan

0
62
Daftar menu buka puasa sehat
Daftar menu buka puasa sehat

Picolozine.com, Puasa merupakan kegiatan yang menyehatkan tubuh, terlebih jika kamu mengkonsumsi menu buka puasa sehat. Karena ketika berbuka, tubuh memerlukan asupan nutrisi yang bergizi untuk mengembalikan energi yang hilang ketika di siang hari saat berpuasa.

Buka puasa menjadi momen yang ditunggu-tunggu karena sudah seharian berpuasa. Jika kamu bingung, berikut daftar menu buka puasa sehat dan enak yang harus kamu coba selama bulan ramadan.

Sayuran

Menu berbuka puasa yang sehat yang harus ada di meja makan kamu adalah sayuran. Lambung berhenti sejenak saat berpuasa sehingga ukurannya akan mengalami penyusutan. Produksi enzim juga berkurang. Oleh karenanya perlu untuk makan sayur karena mudah untuk dicerna. Lambung kamu tidak akan bekerja keras untuk mengolah sayuran setelah beristirahat cukup lama saat siang.

Jika kamu memilih langsung mengkonsumsi makanan berat, akan terjadi syok pada lambung dan tidak menutup kemungkinan jika nantinya lambung kamu akan mengalami masalah.

Buah-buahan

Buah-buahan merupakan salah satu menu buka puasa sehat
Buah-buahan merupakan salah satu menu buka puasa sehat

Buah-buahan mengandung vitamin dan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk mengembalikan energi yang hilang saat berpuasa di siang hari. Memakan buah seperti kurma akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh kamu. Kamu juga bisa mengkonsumsi buah-buahan kaya serat seperti jeruk, kiwi, dan semangka untuk mengembalikan cairan dalam tubuh kamu.

Smoothies

Smoothies menjadi menu buka puasa sehat yang harus kamu coba. Selain rasanya lezat, smoothies yang terdiri atas buah-buahan, biji-bijian, hingga granola ini bisa membuat tubuh kamu kembali berenergi lagi. Akan lebih enak jika mengkonsumsi smoothies dalam kondisi dingin.

Nasi Jagung

Alternatif untuk menu buka puasa sehat adalah nasi jagung. Nasi jagung adalah nasi yang berasal dari jagung tua yang ditumbuk halus kemudian dikukus. Jangan salah, nasi jagung kaya akan serat sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Kamu perlu tahu bahwa mengkonsumsi nasi jagung saat berbuka bisa mencegah kamu terkena resiko anemia karena jagung mengandung zat besi.

Nasi Merah

Mengkonsumsi nasi merah saat berbuka puasa ternyata lebih menyehatkan dan juga membuat perut kenyang. Nasi merah kaya akan zat besi, lebih banyak dari nasi putih. Zat besi dalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terlebih ketika berpuasa karena memberikan energi.

Kentang rebus

Jika kamu sedang menjalankan diet, kamu cocok untuk mengkonsumsi kentang rebus dan cocok untuk berbuka puasa. Kentang rebus mengandung rendah kalori sehingga begitu ideal untuk dimakan saat berbuka karena mengandung karboidrat kompleks yang berfungsi mengembalikan energi kamu yang hilang.

Oatmeal

Oatmel juga termasuk dalam menu berbuka yang sehat untuk dihidangkan dengan menu lainnya. Tidak hanya membuat pencernaan kamu lancar, konsumsi oatmeal juga memberikan efek kenyang yang lama. Jadi meskipun kamu makan sedikit, tetapi kamu akan merasa kenyang bahkan hingga setelah selesai solat tarawih.

Yogurt

Menyantap minuman kolang-kaling dengan es biji selasih yang mengandung pemanis buatan kurang sehat. Ada baiknya untuk mengkonsumsi yogurt saat berbuka puasa. Tapi, yogurt lebih baik dikombinasikan dengan buah-buahan menjadi makanan yang lebih sehat dan nikmat. Yogurt juga membuat sistem pencernaan kamu lebih lancar.

Madu

Menu buka puasa sehat lainnya adalah madu, yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berbuka. Madu yang punya rasa manis yang disebut bisa meningkatkan metabolisme tubuh terlebih setelah kamu berpuasa seharian. Mengkonsumsi madu saat berbuka juga bisa mengontrol berat badan.

Air Putih

Air putih termasuk menu buka puasa sehat
Air putih termasuk menu buka puasa sehat

Rekomendasi menu buka puasa sehat terakhir adalah air putih. Minum ai putih dalam takaran yang dibutuhkan oleh tubuh akan membantu tubuh kamu kembali fit setelah mengalami dehidrasi saat berpuasa. Jika membiiarkan tubuh dehidrasi parah, fungsi tubuh kamu akan terganggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here