Menu Buka Puasa untuk Diet Selama Ramadan

0
87
Menu buka puasa diet
Menu buka puasa diet

Picolozine.com, Kamu tetap bisa menjalankan diet di bulan puasa dengan mengatur asupan makanan saat buka puasa. Puasa jadi waktu yang pas untuk kamu menjalankan diet untuk menurunkan berat badan. Di saat puasa, kita dibatasi waktu untuk makan, yaitu saat sahur dan berbuka.

Menu buka puasa untuk diet
Menu buka puasa untuk diet

Ini tentu membantu dalam mengontrol asupan makanan yang masuk ke tubuh. Perlu diingat adalah tidak dibenarkan makan sembarangan dan berlebihan ketika berbuka maupun sahur karena bisa membuat berat badan kamu semakin bertambah.

Gimana menu buka puasa untuk diet yang dibenarkan? Yuk simak ulasannya.

Menurunkan berat badan haruslah mengontrol asupan makanan dengan mengurasi kalori sebanyak 500 kalori per harinnya. Berat badan kamu akan berkurang 0,5 hingga 1 kg per minggu. Jika biasanya total kalori yang kamu konsumsi sebanyak 2000 kalori, saat puasa, kamu hanya perlu mengkonsumsi 1500 kalori saja agar tujuan kamu tercapai.

Tetapi, jangan sampai asupan kalori tersebut terlalu dibatasi sebab tubuh baru akan berfungsi normal jika mendapatkan kalori yang cukup. Minimalnya, tubuh kamu setiap hari membutuhkan 1200 kalori agar bisa berfungsi dengan normal.

Saat bulan ramadan, kamu bisa membagi waktu makan menjadi tiga, saat buka puasa, sebelum tidur atau setelah tarawih, dan sahur. Kamu bisa membagi kebutuhan asupan kalori kamu pada tiga waktu tersebut. Misalnya 400-500 kalori ketika berbuka puasa, 500-600 selesai tarawih atau sebelum tidur, dan 500-600 kalori saat sahur.

Menu buka puasa

Saat memasuki waktu berbuka, pilihlah mengkonsumsi makanan yang cepat diserap tubuh untuk mengganti energi tubuh yang hilang sehingga tubuh tidak lemas lagi. Adapun makanan yang cepat diserap tubuh adalah makanan atau minuman manis. Ada dua contoh menu yang cocok untuk kamu saat beruka.

Menu 1 yaitu teh manis dengan tambahan gula 1 sendok makan, 3 buah kurma, dan roti sandwich lengkap dengan keju dan daging asap. Jika di total hanya sekitar 387 kalori saja.

Menu 2 yaitu sirup 3 sendok makan, kurma 3 buah, dan salad buah 250 gram saja. Total kalori pada menu ini adalah 411 kalori saja.

Menu diet setelah tarawih

Saat setelah tarawih, kamu tidak masalah jika makan besar. asal setelahnya kamu tidak langsung tidur. Beri jarak antara makan dan tidur setidaknya 2-3 jam agar tubuh kamu mempunyai waktu untuk mencerna makanan. Tidur juga tidak terganggu karena kekenyangan ini. Kamu bisa menerapkan menu diet ini saat makan setelah sahur.

Menu 1 yaitu nasi 100 gram ditambah tempe bacem 50 gram, ikan pindang 50 gram, tumis tauge buncis tahu 200 gram serta konsumsi 1 buah apel. Menu 1 ini hanya menghasilkan kalori total sebanyak 505 kalori saja.

Selain menu 1, ada juga opsi menu lainnya. Menu 2 dengan porsi nasi merah 100 gram, pepes tahu 100 gram, ayam panggang 1 porsi, sayur bayamm merah dan jagung, serta ¾ buah mangga. Porsi menu ini total menghasilkan 525 kalori.

Menu makan sahur

Berbeda dengan sahur, sebaiknya kamu lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dan protein. Serat dan protein bisa membantu agar kamu merasa kenyang lebih lama dan kamu bisa menjalankan puasa dengnan lebih bersemangat. Berikut menu yang cocok untuk menjaga berat badan kamu saat sahur.

Menu 1 yaitu ayam panggang, scrumbled egg dan tahu, kukus jagung bayam brokoli, serta salad buah. Jika dijumlahkan, menu 1 ini hanya mengandung 545 kalori.

Menu 2 yaitu kentang rebus lengkap dengan kulit, daging steak, tumis buncis, jagung wortel, serta salad buah. Jumlah total kalori untuk menu ini adalah 580 kalori.

Pilih menu buka puasa untuk diet kamu yang tidak mengandung minyak, gula, dan garam berlebih sehingga tidak menyumbang kalori.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here