Muncul Flek Setelah Melakukan Hubungan Intim, Pahami Penyebabnya

0
23
Hal yang harus diperhatikan usai melakukan hubungan intim
Perhatikan hal berikut setelah melakukan hubungan intim

Picolozine.com, Flek coklat sering muncul pasca melakukan hubungan intim. Hal ini bisa saja karena gesekan saat penetrasi yang agak kasar, bisa juga karena iritasi akibat alat pengaman yang tersangkut dalam vagina.

Menemukan flek coklat kemerahan jangan terlalu membuat kamu panik. Analisa dulu kemungkinan penyebabnya agar kamu tidak stress karena takut terjadi hal yang parah. Bisa saja itu tanda kamu akan memasuki periode haid dalam waktu dekat.

Flek coklat ini bisa terjadi setelah kamu menjalani tes Pap smear atau setelah kamu memasang alat kontrasepsi. Posisi alat kontrasepsi yang bergeser bisa mengakibatkan sedikit pendarahan di vagina.

Bercak darah coklat ini juga bisa menjadi ciri awal tanda kamu hamil, lho. Tapi ciri ini tidak terjadi pada semua orang.

Ada flek setelah melakukan hubungan intim
Flek coklat setelah melakukan hubungan intim

Atau kemungkinan lainnya adalah kamu sedang dalam masa perimenopause jika kamu sudah berusia paruh baya atau sekitar 40-50 tahun. Fase ini merupakan masa transisi sebelum kamu berhenti menstruasi total.

Lendir atau flek coklat yang muncul setelah melakukan hubungan suami istri kemungkinan juga disebabkan oleh adanya pelepasan sel telur matang (ovulasi) yang menandakan masa subur kamu.

Bisa juga disebabkan karena pendarahan dalam kehamilan dalam 6 hingga 12 hari setelah pembuahan. Ini biasanya disertai dengan kram perut dan panggul.

Stres,kelelahan, hormon tidak seimbang, sindrom polikistik ovarium, dan radang panggung juga bisa memicu adanya flek coklat ini.

Penyakit Berbahaya Penyebab Munculnya Flek Coklat

Meskipun kemungkinannya banyak, kamu juga tidak boleh menyepelekannya karena bisa saja ini gejala yang cukup serius. Sebab, flek coklat bisa saja menjadi pertanda kamu terkena penyakit tertentu yang butuh penanganan medis.

Penyakit menular seksual

Muncul flek darah yang berbau tidak sedap bisa jadi pertanda kamu terkena penyakit kelamin menular saat melakukan hubungan seks tanpa pengaman. Seperti penyakit klamidia atau gonore.

Hal ini terjadi jika kamu merasakan sensasi seperti terbakar dan merasa sakit saat buang air kecil. Kamu juga akan merasa sakit ketika berhubungan seksual, pinggul nyeri, serta vagina terasa gatal.

Penyakit radang panggul

Penyakit radang panggul ini merupakan infeksi yang terjadi pada organ reproduksi wanita seperti rahim, leher rahim (serviks), atau tuba fallopi. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri saat melakukan hubungan seks. Perlu untuk menggunakan kondom untuk lebih aman.

Penyakit ini memiliki gejala utama yaitu munculnya flek darah coklat yang memiliki bau tidak sedap. Kamu akan mengalami demam tinggi, sakit saat berhubungan seks, ada sensasi terbakar ketika buang air kecil, nyeri pada panggul dan perut bagian bawha.

Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Ini merupakan penyakit akibat ketidakseimbangan hormon androgen yang ada dalam tubuh yang berdampak pada siklus haid yang tidak teratur. Inilah yang membuat wanita PCOS menjadi sulit hamil.

Kamu juga harus waspada jika berat badan kamu menjadi berlebihan, tumbuh rambut di wajah dan dada, berjerawat, serta nyeri pada pinggul.

Kanker Serviks

Munculnya flek bisa menjadi tanda kamu terkena kanker serviks yang bisa menyebabkan komplikasi fatal bila tidak diberikan penanganan medis.

Secara umum, gejala terkena kanker serviks adalah terasa sakit saat berhubungan seksual. Kamu juga akan mengalami masa menstruasi yang lama dan parah, jadwal BAB ikut berubah, terasa nyeri di panggul, dan merasa lelah tanpa sebab.

Apabila gejala-gejala tersebut kamu rasakan, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis serta pengobatan yang tepat. Untuk mendapatkan tes yang akurat, kamu juga bisa melakukan beberapa tes kesehatan.

Flek yang muncul setelah melakukan hubungan intim jika terjadi dalam waktu yang cukup lama haruslah diperiksakan agar bisa mendapatkan diagnosa dari dokter yang ahli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here