Rekomendasi SehatQ untuk Atasi Muntah pada Masa Kehamilan

0
4
ibu hamil muntah

Kehamilan merupakan masa-masa yang ditunggu oleh hampir seluruh pasangan di dunia. Tetapi, terkadang kehamilan bisa cukup menyusahkan apabila mengalami muntah secara terus menerus. Berdasarkan info penyakit, sebenarnya muntah selama kehamilan adalah hal yang normal.

Hal itu disebabkan oleh morning sickness, yaitu perasaan mual dan muntah selama masa kehamilan. Alasan terjadinya morning sickness tidak diketahui. Tetapi, biasanya karena adanya perubahan hormon selama kehamilan. Menurut Healthline, diperkirakan 80% kehamilan mengalami morning sickness dengan mual dan muntah pada enam minggu pertama kehamilan.

Beruntungnya, morning sickness akan menghilang saat memasuki trimester kedua. Tetapi, ada pula perempuan yang merasakan morning sickness selama kehamilan hingga melahirkan. Gejala awal morning sickness adalah mual dan muntah. Meskipun muntah selama kehamilan tidak berbahaya bagi calon ibu ataupun janin dalam kandungannya, tetapi kondisi ini bisa membuat calon ibu tidak nyaman.

Pada kasus muntah yang berat bisa memicu terjadinya dehidrasi dan menurunnya frekuensi buang air kecil. Apabila tidak mampu menaikkan kadar cairan dalam tubuh, calon ibu pun harus dirawat di rumah sakit dan menerima cairan infus. Sebab, apabila kondisi tersebut terjadi terus menerus dalam jangka waktu lama tanpa adanya intervensi dapat merusak hati.

Selain itu, baik calon ibu juga mengalami kekurangan vitamin B yang dapat memicu perkembangan janin dalam kandungan. Semisal, berat badannya tidak mengalami kenaikan sehingga dapat berdampak ketika nanti lahir. Untuk itu, apabila mengalami muntah berat secara terus menerus segera konsultasikan pada dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Untuk mengatasi muntah selama kehamilan, tidak jauh berbeda dengan muntah pada umumnya. Yaitu bisa dengan meminum air jahe dan hindari pencetus terjadinya muntah yang bisa diakibatkan dari makanan atau bau tertentu. Tetap konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang karena pada beberapa kasus, muntah saat kehamilan lebih buruk pada perut kosong.

Pastikan nutrisi yang diperoleh seimbang juga agar baik calon ibu dan janin dalam kandungan tetap sehat sehingga perkembangannya sesuai dengan rencana dan terhindar dengan berbagai masalah kesehatan di masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here