Obat Sakit Gigi Alami ini Bantu Meredakan Nyeri dan Bengkak

0
13
Obat Sakit Gigi
Obat Sakit Gigi Alami ini Bantu Meredakan Nyeri dan Bengkak

Picolozine.com, Setiap orang tentu pernah merasakan nyerinya sakit gigi. Obat sakit gigi biasanya tersedia di apotek, namun masyarakat mempercayai beberapa bahan alami yang mampu meredakan nyeri akibat sakit gigi. Rasa nyut-nyutan bisa sangat mengganggu dan berdampak buruk pada aktivitas sehari-hari. Jika Anda sedang sakit gigi, cari tahulah apa yang menjadi akar masalahnya. Dengan begitu maka bisa menentukan cara terbaik untuk meredakan nyeri, bengkak, atau gejala lainnya.

Ada berbagai cara mudah yang bisa anda lakukan untuk meredakan sakit gigi sebelum akhirnya pergi ke dokter gigi. Cara dan bahannya mungkin sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari kita namun belum banyak orang yang mengetahui hal ini, tak ada salahnya cobalah bahan-bahan alami ini untuk meredakan sakit gigimu.

Berikut bahan alami sebagai obat sakit gigi berdasarkan artikel sehatQ :

1. Air garam

Ini merupakan cara tradisional yang sudah sangat lama turun temurun digunakan untuk meredakan sakit gigi. Berkumur dengan air garam dipercaya mampu mengatasi masalah nyeri saat sakit gigi. Gunakanlah air hangat 250 ml dan campurkan dengan ½ sendok teh garam. Gunakan untuk berkumur perlahan namun jangan sampai tertelan. Apabila Anda merasa ada sisa makanan yang terselip di sela gigi, lakukan perlahan di sela berkumur dengan air garam. Obat ini dipercaya mampu meredakan peradangan dan menyembuhkan luka yang mungkin terjadi dalam mulut saat Anda sedang sakit gigi.

2. Kompres air dingin

Kamu juga bisa mengompres dengan air dingin untuk membantu meredakan nyeri pada pipi yang bengkak akibat sakit gigi. Namun pembengkakan ini biasanya menadakan adanya infeksi pada akar gigi. Baiknya segera periksa ke dokter gigi, apabila sakit gigi disertai dengan pembengkakan.

3. Bawang Putih

Bawang putih memang merupakan rempah yang punya banyak khasiat. Tak hanya sebagai penyedap masakan, bawang putih rupanya juga berpotensi menjadi cara mengobati sakit gigi alami. Kandungan allicin dalam bawang putih bisa kamu dapatkan dengan mengunyah bawang putih. Ini adalah kandungan cairan berminyak yang bisa menangkal penyakit secara alami.

4. Daun Jambu

Ternyata, daun jambu juga merupakan tumbuhan yang memiliki kandungan anti-peradangan sehingga bisa mengobati luka. Daun jambu juga mengandung anti-mikroba yang bisa membantu pemulihan masalah di mulut.Anda cukup mengunyah daun jambu yang telah dicuci bersih. Jika tidak ingin mengunyahnya secara langsung, coba tambahkan irisan daun jambu ke air mendidih untuk membuat obat kumur alami.

5. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh telah lama digunakan sebagai bahan pereda rasa sakit. Minyak ini mengandung bahan eugenol, yang dapat merupakan pereda nyeri alami.Untuk menggunakannya, lakukanlah pijatan di area yang terasa sakit. Kamu bisa juga merendam minyak cengkeh di kapas atau kain kasa dan tempelkan di area antara gigi dan gusi.

Perlu diingat agar jangan tinggalkan kapas terlalu lama. Jangan juga memasukkan kapas ke dalam gigi yang berlubang. Keduanya dapat menimbulkan iritasi dan peradangan pada jaringan, sehingga gusi menjadi bengkak. Jika rasa nyeri telah mereda, pergilah ke dokter gigi untuk dilakukan penambalan atau tindakan lain yang sesuai dengan kondisi. 

6. Teh Pappermint

Kantong teh peppermint juga dipercaya bisa membantu meredakan rasa nyeri dan mengurangi rasa tidak nyaman pada gusi yang meradang. Tempelkan kantong teh peppermint yang hangat pada gigi yang sakit.  Kamu juga bisa mencoba mendinginkan kantong teh di freezer selama beberapa menit. Setelah itu, tempelkan pada gigi yang sakit.

Itulah beberapa bahan alami yang mudah ditemui dan mampu membantumu meredakan rasa nyeri saat sakit gigi. Namun obat sakit gigi alami itu hanya bersifat sementara dan tidak menyembuhkan secara permanen. Kamu harus tetap pergi ke dokter gigi untuk memeriksakan masalah apa yang terjadi pada gigimu. Dokter gigi lebih tahu dan punya langkah tepat untuk menyelesaikan masalah sakit gigimu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here