Pembuatan Vaksin Corona di Indonesia Terus Dikembangkan

0
23
Vaksin corona.jpg
Pembuatan Vaksin Corona di Indonesia Terus Dikembangkan

Picolozine.com, Pemerintah memutuskan untuk membuat vaksin corona di Indonesia. Hal itu bertujuan untuk memastikan vaksin akan langsung tersedia di tanah air, cocok untuk penduduk Indonesia, dan harganya pun terjangkau. Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro mengatakan bahwa saat ini tim pengembangan vaksin nasional sedang dibentuk. Tim beranggotakan seluruh kementerian yang terkait secara langsung dalam pengembangan vaksin.

Bambang mengatakan bahwa dalam uji pembuatan dan produksi vaksin corona di Indonesia tidak hanya dibawah kemerinstek melainkan melibatkan kementrian lainnya seperti, Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan, Kemeterian Luar Negeri, Kementerian Perindustrian dan lainnya. Pengembangan vaksin untuk strain virus Covid-19 dalam negeri diperlukan karena berdasarkan whole genome sequencing atau pengurutan menyeluruh dari gen virus yang ada di Indonesia, strain virus Covid-19 yang menyebar masuk dalam tiga belas strain virus.

Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman saat ini sudah mengumpulkan tujuh whole genome sequencing dari Covid-19 di Jabodetabek dan Universitas Airlangga (Unair) sudah mengumpulkan enam whole genome sequencing dari episentrum atau pusat wabah Covid-19 di Surabaya dan sekitarnya. Dari total tiga belas whole genome sequencing ini, baru dua strain yang diidentifikasi sebagai strain Covid-19 yang beredar di Eropa. Sebelas strain sisanya masih dilabeli others atau masih belum masuk kategori yang dikenali oleh GISAID, yaitu bank data influenza dan coronavirus dunia.

“Indonesia baru menyampaikan kira-kira tiga belas whole genome sequencing. Itu karakter dari virus. Dari tiga belas yang sudah disubmit, tujuh oleh Eijkman dan enam dari Unair. Itu berarti tujuh dari Jabodetabek. Enam dari Surabaya yang sekarang menjadi salah satu episentrum dari jenis virus tersebut,” ujar Bambang.

Strategi utama pengembangan vaksin dilakukan dengan mendukung dan mendanai LBM Eijkman dalam mengembangkan vaksin untuk strain Covid-19 yang hanya menyebar di Indonesia. Strategi kedua adalah melalui bekerja sama dengan negara lain, yaitu China dan Korea Selatan namun strategi ini memiliki kelemahan, yaitu Indonesia tidak bisa mendapatkan transfer teknologi terkait penemuan vaksin Covid-19.

“Selain yang dikembangkan di Indonesia kita juga menempuh jalur paralel, yaitu bekerja sama dengan pengembang luar. Kebetulan yang sudah diberitakan juga Bio Farma sudah bekerja sama dengan Sinovac dari China yang sudah akan masuk tahap uji klinis di Indonesia. Uji klinis ini penting karena kuncinya nanti vaksin yang dikembangkan di China bisa dikembangkan di Indonesia itu nanti kita akan mengeceknya di uji klinis bagi masyarakat Indonesia,” tuturnya.

Bambang mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat unik untuk menguji suatu vaksin karena keberagaman etnisnya. Diharapkan satu jenis vaksin bisa untuk menyeluruh. Uji klinis Indonesia menjadi sangat penting. Kalbe Farma juga bekerja sama dengan Korea akan melakukan uji klinis dari vaksin corona di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here