Penting untuk Ibu, Inilah 5 Obat Flu Alami untuk Anak

0
5
Obat Flu
5 Obat Flu Alami untuk Anak

Picolozine.com, Para ibu seringkali khawatir saat anaknya terkena flu, bergam obat flu alami tersedia dan mudah didapatkan. Tak terkecuali untuk diberikan pada buah hati, ibu juga sangat bisa memberikan bahan-bahan alami atau herbal yang mampu redakan flu pada anak. Pada musim pancaroba, anak-anak biasanya sangat rentan diserang batuk dan pilek.

Flu merupakan virus yang menyerang saluran pernafasan dan menyebabkan batuk pilek. Kondisi ini juga biasanya menimbulkan gejala lemas, sulit bernafas, dan pusing. Jika ini terjadi atau dialami oleh bauh hati tentu ibu akan merasa gelisah karena anak belum bisa dan mengerti untuk membuang cairan yang tersumbat di hidung.

Biasanya para ibu akan bergegas ke dokter agar segera mendapatkan penanganan dan obat yang dibutuhkan. Namun ada baiknya untuk juga memberikan bahan-bahan alami untuk membantu proses penyembuhan.

Berikut obat flu alami yang dapat diberikan pada anak:

1. Jahe

Rempah satu ini punya banyak sekali khasiat bagi kesehatan, salah satunya meredakan flu. Sensasi hangat dari jahe mampu memberikan rileksasi. Cara penyajiannya juga mudah, cukup membersihkan beebrapa ruas jahe yang kemudian digeprek atau diparut lalu masak dengan air hingga mendidih. Kemudian berikan air rebusan jahe tersebut pada anak dengan ditambahkan cairan gula merah atau lainnya.

2. Madu

Madu merupakan cairan alami yang mengandung antimikroba sehingga bagus untuk membantu sistem imun tubuh melawan penyakit salah satunya flu. Berikanlah satu sendok makan madu pada pagi dan malam hari untuk anak. Bisa juga dengan melarutkannya pada air the atau air lemon. Namun jangan berikan ini pada anak berusia dibawah 1 tahun.

3. Bawang Merah

Bawang merah juga mampu meredakan gejala batuk dan pilek pada anak. Caranya pun mudah hanya dengan menyiapkan 2-3 siung bawang merah, 4 sendok teh minyak kelapa, 1 sendok makan garam dapur, 3 tetes minyak kayu putih. Campur semua bahan tersebut menjadi satu, aduk rata lalu oleskan pada bagian telapak kaki anak, punggung, dan dada.

4. Belimbing Wuluh

Jika ingin membuat obat alami dari belimbing wuluh, maka siapkan segenggam bunga belimbing wuluh, satu jari rimpang temu giring, satu jari rimpang kencur, satu jari kulit kayu manis, dua siung bawang merah, 1/4 genggam pegagan, 1/4 genggam daun saga, 1/4 genggam daun sendok, 5 gelas air, dan madu secukupnya.

Bersihkan semua bahan, potong kecil semua bahan yang perlu dipotong kemudian campur dalam wadah tertutup yang sudah terisi 5 gelas air. Rebus sampai mendidih hingga menyisakan 2 1⁄2 air. Angkat dari api dengan wadah tertutup rapat. Dinginkan, saring lalu campur dengan madu. Minumkanlah pada anak sebanyak 3 kali dalam sehari.

5. Bawang Putih

Bawang putih juga bisa dijadikan obat pilek alami. Pada zaman Mesir, Yunani, dan Tiongkok Kuno sudah menggunakan bawang putih sebagai obat untuk berbagai macam penyakit, termasuk flu dan pilek. Bawang putih bisa dikonsumsi secara mentah dengan mengunyahnya. Bisa juga dengan menggunakannya dalam masakan sehari-hari seperti sup yang juga punya sensasi hangat dan membantu melegakan pernafasan.

Itulah lima bahan alami yang mampu menjadi obat flu pada anak. Mudah bukan menemukan lima bahan tersebut. Bahkan harganya pun tidak terlalu menguras kantong ya. Nah, para ibu kini bisa mencobanya pada anak jika mengalami gejala flu. Selain itu pastikan juga berikan makanan dan minuman lainnya yang baik untuk kesehatan seperti sayur dan buah-buahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here