Penyebab, Gejala, dan Cara Menghindari Penyakit Asam Lambung

0
67
Penyakit asam lambung
Penyakit asam lambung

picolozine.com, Masih ingat dengan kepergian Putri Indonesia Maluku 2016 pada akhir Desember 2016 yang disebabkan karena penyakit asam lambung yang dideritanya.

Keperiannya ini tentu saja menjadi luka dalam bagi keluarga dan para sahabat. Terlebih penyakit ini selalu dipandang sebelah mata dan dianggap sebagai penyakit yang biasa saja bagi sebagian orang.

Penyebab asam lambung

Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi dimana terasa nyeri di ulu hati atau sensasi terbakar di dada. GERD merupakan cairan panas yang ada di dalam lambung. Jika fungsi lambung bekerja dengan baik, maka cairan panas ini tidak akan kemana-mana.

Jika ada gangguan kesehatan pada lambung seperti otot lambung yang lemah atau longgar, inilah yang membuat cairan ini keluar dari lambung.

Penyakit ini secara umum disebabkan oleh asupan makanan yang kurang baik dan sehat. Selain itu terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, berlemak, bersoda, atau mengandung kafein, bahkan stress ternyata juga menjadi penyebab naiknya cairan asam ini dari lambung.

GERD secara umum disebabkan oleh lower esophageal sphinchter (LES) yang tidak berfungsi. LES merupakan lingkaran bagian bawah esofagus yang berfungsi sebagai pintu otomatis terbuka saat makan dan minum. Ketika makanan masuk, LES akan menutup agar cairan asam lambung tidak ikut naik.

Gejala penyakit lambung

Penyakit asam di lambung ini biasanya diawali denga gejala perut yang terasa nyeri dan juga perih, bahkan lebih parah dari rasa sakit maag. Lalu dilanjut dengan muntah-muntahperut kembung, dan area dada terasa terbakar. Penting untuk memeriksakan diri ke dokter jika sudah mengalami gejala seperti ini.

Pengobatan

Penyakit ini bisa juga diobati dengan bahan-bahan alami seperti kacang-kacangan, teh hangat, apel, pisang, kunyit, atau gel daging lidahb buaya yang sudah direbus terlebih dahulu dan diminum dalam keadaan hangat.

Komplikasi akibat GERD

Gejala dan cara pengobatan penyakit asam lambung
Gejala dan cara pengobatan penyakit asam lambung

GERD sering mengakibatkan komplikasi yaitu esofagitis, yaitu peradangan atau inflamasi pada dinding esofagus atau kerongkongan. Jika esofagitis yang lebih parah, penderita akan mengalami kesulitan menelan makanan karena munculnya tukak. Tukak muncul akibat lapisan dinding esofagus tererosi sehingga menimbulkan luka. Bahkan lebbih parah lagi, bisa menjadi kanker esofagus.

Terapkan gaya hidup sehat

Sebelum kamu mengidap penyakit ini, ada baiknya untuk mencegah terebih dahulu dengan menerapkan gaya hidup sehat.  

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi GERD, sebagai berikut:

  1. Makan teratur, penyebab naiknya asam yang ada di lambung ini disebabkan karena pola makan yang tidak teratur. Usahakan muntuk makan di jam yang sama setiap hari. Hindari makan dua jam sebelum tidur sebab bisa memicu GERD.
  2. Tidak ngemil di antara waktu makan, sebab jika makanan yang masuk terlalu banyak, pencernaan akan sulit mencerna makanan dan butuh waktu yang cukup lamaagar makanan tersebut tercerna sempurna.
  3. Atur porsi makan, porsi makan harus diatur agar tidak memicu refluks. Menghindari kelaparan, ada baiknya sering makan tapi dalam porsi yang sedikit.
  4. Kunyah makanan dengan benar, hal sepele yang penting diperhatikan. Jika kamu mengunyah makanan dengan benar, hal ini bisa membantu enzim pencernaan mengolah dan mencerna makanan dengan lebih mudah sehingga resiko atau GERD tidak semakin buruk.
  5. Tidak minum air banyak saat makan, minum air terlalu banyak saat makan bisa membuat asam lambung mencair dan makanan yang dimakanan lebih sulit dicerna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here