Peralatan Elektronik Kesehatan Yang Umum Digunakan Di Dunia Medis

0
7
Ini Dia Peralatan Elektronik Kesehatan
Peralatan Elektronik Kesehatan

Picolozine.com, Kini kita hidup di jaman serba modern dan menggunakan peralatan elektronik, tidak terkecuali di dunia medis yang sudah menggunakan peralatan kesehatan untuk membantu aktifitas medis. Tentunya alat tersebut diciptakan emang untuk membantu proses medis, sehingga lebih mudah dan sangat membantu.

Peralatan Elektronik Kesehatan.
Peralatan Elektronik Kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa peralatan elektronik kesehatan yang umumnya digunakan di dunia medias, apa saja peralatan tersebut? Mari kita lihat dibawah ini.

Spirometer

Spirometer adalah alat pengukur aliran udara yang keluar masuk ke paru-paru melalui jalan pernafasan, yang tercatat dalam bentuk grafik dengan suatu volume pada setiap waktunya.

Dalam hal ini jelas, Spirometer ini berfungsi sebagai alat untuk memeriksa dan mengukur aliran udara tersebut. jika dengan menggunakan alat ini maka kita akan mengetahui aliran-aliran, kadar, dan jumlah pasokan udara yang masuk dan keluarnya udara dari tubuh kita melalui alat pernafasan seperti paru-paru.

Colonoscopy

Colonoscopy yaitu alat kesehatan yang digunakan untuk memeriksa kondisi saluran pencernaan bagian bawah, seperti usus bagian bawah, anus dan rectum.

Adapun fungsi daripada colonoscopy ini adalah Untuk melihat jika adanya lesi pada usus besar, seperti misalnya tumor, dan untuk mendeteksi adanya pendarahan pada usus bagian bawah.

Alat Cek Darah

Peraltan elektronik kesehatan selanjutnya adalah alat cek darah, dengan alat ini dapat digunakan untuk mengukur kadar gula darah, mengukur kolesterol dan asam urat. Alat cek/pengukur kadar darah ini terdapat pula bermacam-macam jenis, antara lain Tipe GCU (Glucose, Uric Acid, Cholesterol) dengan tampilan LCD besar (35 x 45 mm).

 Ada juga tipe Accu-Check Active, yang bisa digunakan untuk semua sampel darah (kaliper, vena, arteri, dan neonatus).

Dan banyak lagi jenis tipenya.

Elektrokardiografi

Elektrokardiografi atau yang sering disingkat dan disebut pada umumnya adalah EKG ini adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi aktivitas listrik jantung.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas kesehatan atau dokter dengan menggunakan EKG ini adalah untuk menentukan apakah kondisi jantung Anda dalam keadaan normal ataupun tidak normal.

Dalam penggunaan alat ini terdapat grafik aktivitas jantung, yang berfungsi untuk merekam aktivitas listrik jantung tersebut.

Ultrasonography

Ultrasonography (USG) adalah alat diagnostik medis yang menggunakan suara ultra, yang dipakai untuk pencitraan organ internal dalam tubuh atau otot, ukurannya, luka patogi, dan struktur yang berada dalam tubuh seseorang tersebut. USG ini sering digunakan untuk memeriksa kehamilan, dan untuk melihat janin yang ada di dalam rahim ibunya  tersebut.

Peralatan Elektronik Kesehatan.
Peralatan Elektronik Kesehatan.

CT-SCAN

CT-SCAN atau CT-Scanner (computerized Tomography Scanner) adalah sebuah mesin khusus sinar-X yang mengirimkan berbagai berkas pencitraan secara bersamaan dari berbagai sudut-sudut yang berbeda, yang artinya alat yang digunakan untuk mendapatkan gambaran dari berbagai sudut-sudut kecil, misalnya dari tulang tengkorak dan otak.

Dan fungsi dari alat ini adalah untuk melihat hasil foto bagian-bagian dan rangka tubuh tersebut dengan hasil yang akurat dan lengkap. Dan juga untuk menilai organ-organ dalam, misalnya untuk memeriksa penyakit stroke, penyakit gangguan organ pencernaan, dan lain-lain. Serta banyak lagi kegunaan dari CT-SCAN ini, yang dipakai dalam memeriksa bagian-bagian tubuh lainnya.

Nah itulah beberapa peralatan elektronik kesehatan yang sering digunakan di dunia medis dan sangat membantu, tentunya kemajuan teknologi sangat berpengaruh pada dunia medis. Kini para pekerja medis dapat dengan mudah melakukan aktivitas medis dan dapat memberikan pelayanan yang maksimal, selain itu proses pengobatan menjadi lebih baik dan lebih maju.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here