Peran Obat Lianhua untuk Sembuhkan Pasien Covid-19

0
6
obat Lianhua Qingwen
Obat Lianhua Qingwen dari China

Picolozine.com, Mungkin nama obat Lianhua Qingwen asal China ini kini sudah banyak dikenal. Itu karena obat ini banyak diburu dan digunakan para penyintas Covid-19. Banyak yang mempercayai obat tersebut dapat menyembuhkan dari virus Corona. Namun benarkah bahwa obat ini dapat menyembuhkan Covid-19? Bagaimana menurut para dokter ahli?

Obat yang dikenal dengan nama Lianhua Qingwen Capsule (LQC) ini mengandung 11 macam tu,buhan yang dikembangkan dari dua formula pengobatan tradisional Tiongkok. Umumnya obat ini digunakan untuk mengobati infeksi virus influenza dan severe acute respiratory syndrome (SARS) pada tahun 2002-2003 lalu.

Namun berdasarkan studi farmakologi modern obat ini juga memiliki kandungan antivirus, antibakteri, dan antiinfeksi. Berdasarkan penelitian uji coba pada pasien Covid-19, kondisi akan membaik dihari kelima. Sedangkan kelompok yang diberi obat konvensional, kondisinya baru membaik setelah melakukan perawatan berkala. Diberitakan dari National Centre for Biotechnology Information, Lianhua Qingwen secara signifikan dapat menghambat replikasi SARS-CoV-2 dan memperbaiki gejala demam, batuk, dan kelelahan.

Lalu benarkah bahwa obat Lianhua ampuh menyembuhkan penyintas Covid-19? Salah seorang dokter, yakni dr. Muhammad Iqbal Ramadhan menyebut bahwa Lianhua Qingwen belum dapat dikatakan efektif mengobati Covid-19 sebab belum ada penelitian yang menunjang kebenarannya. Hanya saja obat asal Cina ini ampuh meredakan gejala penyakit organ paru.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM) juga menegaskan bahwa belum ada obat herbal, termasuk kapsul Lianhua Qingwen yang disetujui untuk pengobatan COVID-19. BPOM memang telah mengeluarkan izin edar Lianhua Qingwen dengan nomor TI144348471. Namun izin edar tersebut menyetujui Lianhua Qingwen untuk membantu meredakan gejala panas dalam seperti batuk dan tenggorokan kering.

BPOM pun mengimbau masyarakat agar tidak terpengaruh dengan promosi produk herbal atau obat yang disebut-sebut bisa menyembuhkan COVID-19, termasuk Lianhua Qingwen. Pasalnya, sampai saat ini baik obat herbal maupun obat konvensional belum ada yang terbukti dapat menyembuhkan COVID-19. Namun obat Lianhua Qingwen ini mungkin dapat meredakan gejala-gejala yang dirasakan para penyintas Covid-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here