Pilih Makanan Rendah Kalori dan Lemak Cocok untuk Program Diet

0
13
Makanan Rendah Kalori
Pilih Makanan Rendah Kalori dan Lemak Cocok untuk Program Diet

Picolozine.com, Tahukah jika tidak semua makanan rendah kalori dan lemak itu membosankan. Tak jarang makanan yang memiliki nilai kalori rendah juga enak untuk disantap. Jenis makanan tersebut bisa dikonsumsi siapa saja dan membuat rasa kenyang lebih lama. Selain sehat, makanan yang berkalori rendah juga dijadikan opsi sebagai menu diet menurunkan berat badan.

Misalnya saja 200 kalori dada ayam dapat membuat perut terasa kenyang, tetapi perlu 500 kalori kue untuk memberikan efek yang sama. Sehingga teknik menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan memilih makanan yang tepat sehingga bisa tetap merasa kenyang meskipun makan dengan porsi sedikit saja.

Dikutip dalam Healthline, studi menunjukkan bahwa volume makanan yang dikonsumsi sangat mempengaruhi rasa kenyang. Ketika makanan mengandung banyak air tentu volume meningkat tanpa menambah kalori. Sedangkan protein tinggi juga bisa menimbulkan rasa kenyang.

Berikut jenis makanan rendah kalori:

1. Telur

Telur merupakan makanan kaya protein yang rendah kalori dan lemak. Telur juga mengandung asam amino esensial yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan telur untuk sarapan lebih merasa kenyang dan mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari.

 2. Kentang Rebus

Memiliki kandungan karbohidrat lebih tinggi, banyak orang yang menghindari makanan ini. Akan tetapi kentang utuh mengandung serat, vitamin dan beberapa nutrisi penting lainnya. Jika ingin mengonsumsi kentang sebaiknya direbus jangan digoreng agar tak menambah kandungan kalori dan lemak.

Lain halnya dengan kentang goreng dan keripik kentang yang dianggap tidak sehat karena tinggi lemak, kentang panggang dan kentang rebus memiliki manfaat untuk kesehatan terutama dalam menurunkan berat badanmu loh.

3. Oatmeal

Oatmeal merupakan jenis makanan yang juga rendah kalori dan lemak. Makanan ini juga sering digunakan untuk diet. Sereal ini cocok dikonsumsi saat sarapan pagi. Oatmeal mengandung serat yang tinggi dan kemampuannya untuk menyerap air. Oat adalah sumber serat larut yang baik disebut membantu memperlambar pencernaan dan penyerapan karbohidrat.

4. Sayuran

Sayuran memeang dikenal mengandung banyak nutrisi, air dan serat. Konsumsi salad yang berisi sayuran dapat membantu memuaskan rasa lapar, terutama ketika dikonsumsi sebelum makan. Salad menjadi masakan rendah kalori dan lemak yang efektif untuk membantu turunkan berat badan.

5. Ikan

Ikan juga masuk ke dalam daftar makanan yang rendah kalori dan lemak. Ikan kaya akan asam lemak omega 3 yang dapat meningkatkan rasa kenyang pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas. Ikan juga sarat akan protein berkualitas tinggi yang dikenal sangat mengenyangkan.

6. Dada Ayam

Daging tanpa lemak, seperti dada ayam merupakan makanan yang rendah kalori, namun tinggi protein. Dada ayam tanpa kulit merupakan sumber protein, niasin, selenium, dan vitamin B-12 yang sangat baik. 85 gram dada ayam yang belum dimasak hanya mengandung sekitar 100 kalori. Anda dapat menjaga kalorinya tetap rendah dengan memasaknya sebagai sup yang dicampur dengan sayur-mayur, seperti wortel atau brokoli.

7. Kacang Hijau

Kacang hijau juga tinggi akan vitamin A, B, C, mineral, dan serat yang baik untuk kesehatan. Selain itu, kacang hijau juga rendah kalori. Satu cangkir kacang hijau yang telah dimasak bahkan hanya mengandung 44 kalori. Ketika menurunkan berat badan, Anda dapat mengonsumsinya sebagai bubur ataupun tumisan.

8. Jeruk

Buah jeruk juga menjadi makanan rendah kalori dan lemak yang mengandung pektin tinggi yang dapat memperlambat pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang. Selain itu jeruk juga tinggi akan vitamin c yang bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin pada tubuhmu.

9. Apel

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan buah dapat dikaitkan dengan asupan kalori yang lebih rendah dan dapat berkontribusi terhadap penurunan berat badan dari waktu ke waktu. Buah apel mengandung pektin, serat larut yang secara alami dapat memperlambat pencernaan dan apel membantu perut kamu terasa kenyang lebih lama. Buah ini juga mengandung 85 persen air yang memberikan volume dan meningkatkan rasa kenyang tanpa menambah kalori.

10. Semangka

Tidak hanya jeruk dan apel, semangka juga memiliki kandungan air yang tinggi untuk membuatmu tetap terhidrasi dan merasa kenyang. Selain itu, semangka juga rendah kalori, serta kaya akan vitamin A dan C.Satu cangkir atau sekitar 125 gram semangka yang dipotong dadu hanya mengandung 46 kalori. Makanan dengan kepadatan kalori yang rendah, seperti halnya semangka, telah dikaitkan dengan penurunan berat badan

Gimana nih, jadi udah tau kana apa saja makanan rendah kalori dan lemak yang bisa kamu konsumsi. Selain sehat kamu juga bisa mendapatkan nilai tambah dengan mudah menurunkan berat badan loh. Yuk mulai hidup sehat dengan mengonsumsi dan memilih makanan berkalori rendah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here