Pilihan Menu yang Bisa Meredakan dan Mencegah Radang Sendi

0
4
radang sendi
Pilihan Menu yang Bisa Meredakan dan Mencegah Radang Sendi

picolozine.com, Terdapat beberapa makanan yang bisa meredakan sakit radang sendi. Penyakit radang sendi bisa dialami oleh semua golongan usia, termasuk remaja dan anak-anak. Namun paling sering terjadi pada orang berusia di atas 65 tahun. Radang sendi bisa disebabkan oleh beragam hal. Salah satunya adalah penumpukan kristal asam urat yang dikenal dengan gout arthritis. Penderita radang sendi pasti tahu betapa sakitnya rasa nyeri tersebut karena merupakan peradangan kronis.

Ada empat kategori penyakit nyeri artritis yaitu degeneratif (osteoartritis), inflamasi (rheumatoid arthritis), infeksi (akibat infeksi), dan metabolik (asam urat). Semua ini bisa dicegah dengan konsumsi makanan yang bersifat anti inflamasi.

Berikut jenis makanan dan minuman yang baik dikonsumsi bagi penderita radang sendi dan bahkan bisa mencegah radang sendi.

1. The Hijau

Teh hijau mengandung polifenol, antioksidan yang mengurangi kerusakan tulang rawan dan peradangan. Ini juga mengandung gallate, antioksidan yang menghambat produksi molekul tertentu yang memperburuk rheumatoid arthritis. Saat nyeri artritis dan kerusakan tulang, maka minumlah teh hijau.

2. Kunyit

Kunyit tidak hanya dijadikan sebagai pewarna alami dan bumbu masakan. Kunyit jadi bumbu yang paling banyak digunakan dalam sajian kari. Kunyit kaya akan kurkumin, antioksidan dan anti inflamasi. Kunyit memiliki sejarah panjang dalam pengobatan tradisional untuk menangkal penyakit radang.

Maka tambahkanlah kunyit dan mulailah untuk menambahkan suplemen. Suplemen adalah cara tercepat untuk mendapatkan manfaat maksimal. Tambahkan juga lada hitam untuk meningkatkan penyerapan kurkumin.

3. Vitamin C

Vitamin C memperlambat perkembangan osteoartritis. Vitamin C bisa diperoleh dari jeruk, stroberi, nanas, blewah, brokoli, tomat, dan paprika. Makanlah dalam keadaan segar atau jika perlu dipanggang atau dikukus ringan. Usahakan tidak mengonsumsi suplemen karena apabila terlalu banyak vitamin C maka akan menyebabkan batu ginjal. Vitamin C menghilangkan radikal bebas, dan mengurangi risiko radang sendi. Ini juga membantu memperbaiki tulang dan komponen kerangka lainnya.

4. Minyak Zaitun

Para ilmuwan tertarik dengan manfaat antiradang minyak zaitun karena nampaknya orang-orang yang menerapkan pola makan ala Mediterania memiliki risiko lebih rendah mengalami gangguan kesehatan terkait peradangan seperti nyeri sendi dan diabetes. Minyak zaitun murni diketahui mengandung senyawa ibuprofen. Ibuprofen biasa digunakan sebagai obat antinyeri dan antiradang.

5. Ceri

Sebuah studi oleh para peneliti dari Michigan State University menemukan bahwa ceri tart adalah sumber anthocyanin yang baik. Anthocyanin memiliki efek anti-inflamasi yang lebih kuat dari aspirin. Tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan berapa banyak efek samping, yang bisa ditimbulkan senyawa ini jika dijadikan sebagai penghias atau campuran kue tart. Tapi mengonsumsi ceri bersama kue tart memiliki efek berbahaya. Anda bisa membatasi jumlah kue tart yang Anda makan.

6. Wortel

Tambahkan wortel, labu, dan ubi jalar ke daftar belanja anda juga. Wortel dan sayuran serta buah berwarna oranye kaya akan vitamin A dan beta-karoten, yang keduanya diyakini ampuh melawan peradangan. Jika dimasak, kadar senyawa ini akan meningkat. Untuk manfaat terbesar, konsumsi sayuran ini secara teratur tidak berlebihan yaitu maksimal satu wortel ukuran besar atau tujuh baby carrot.

7. Biji-bijian

Banyak manfaat kesehatan dari biji-bijian. Diet yang kaya biji-bijian juga telah dikaitkan dengan pengendalian berat badan yang lebih baik, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan gejala RA. Jadi beralihlah dari roti putih ke roti 100 persen gandum. Atau santap semangkuk oatmeal untuk sarapan.

8. Jahe

Yang terakhir yaitu Jahe yang mengandung senyawa yang berfungsi sebagai obat anti-inflamasi seperti aspirin dan ibuprofen. Akar serbaguna ini juga bisa dipakai untuk menambah rasa . Tambahkan jahe kupas segar untuk tumisan, atau santap acar jahe bersama dengan  sushi, atau haluskan beberapa jahe dan campur dengan air panas sebagai minuman sehat. Tapi hati-hati, terlalu banyak jahe dapat menyebabkan pengenceran darah, yang bisa berbahaya jika Anda sedang meminum  obat-obatan tertentu. Jadi batasi konsumsi jahe seperlunya saja.

Berikut makanan dan minuman sehat yang bisa jadi rekomendasi kalian untuk mengurangi serta mencegah radang sendi. Kalian bisa menambahakan menu-menu tersebut ke daftar belanja serta mengkonsumsi menu yang berbeda di setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here