Pola Asuh Mindful Parenting Sangat Di Perlukan Untuk Menghadapi Anak

0
94
Pola Asuh Mindful Parenting.
Pola Asuh Mindful Parenting.

Picolozine.com, Mendidik anak jaman sekarang sangat berbeda dengan jaman dahulu, hal tersebut dipengaruhi oleh perkembangan jaman pada saat ini. jika kita tetap menerapkan cara didik yang sama seperti Kaman dahulu, tentunya hal tersebut bukan cara terbaik. Pola asuh Mindful Parenting adalah metode mendidik anak yang sangat cocok untuk saat ini, karena kehidupan dan perkembangan anak jaman sekarang sangat berbeda.

Pola Asuh Mindful Parenting.
Pola Asuh Mindful Parenting.

Jika anak dipaksakan menelan cara didik yang sama dengan jaman dahulu, tentunya hal tersebut akan menyebabkan beberapa hal misalnya pemberontakan. Kelakuan anak jaman sekarang yang terkadang bikin geleng-geleng kepala harus di hadapi dengan bijak, selain itu kita harus dapat mengerti dunia anak jaman sekarang kemudian kita dapat mendidiknya. Jadi kita harus mengerti jalan pikiran anak sekarang, kemudia kita mengikutinya.

Pola Asuh Mindful Parenting.
Pola Asuh Mindful Parenting.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mempraktekan pola asuh Mindful Parenting, dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini tentunya kita sebagai orang tua dapat dengan mudah mendidik anak jaman sekarang.

Mendengarkan

Mendengarkan adalah salah satu informasi yang mudah didapat dan di tangkap oleh anak. Sebagai orang tua pentingnya mendengarkan dengan penuh perhatian dan berbicara dengan empati, ketika berbicara dengan anak seharusnya orang tua benar-benar menghadirkan dirinya buat anak, dengan demikian akan lebih terkonsentrasi dan kita sadar pada saat itu bahwa kita sedang bersama anak kita. Kita bisa melihat raut wajahnya, mendengarkan intonasi yang dibicarakannya, melihat mimiknya. Sehingga kita tahu apa sih yang sedang terjadi pada anak kita?.

Tidak menge-judge

Pola asuh Mindful Parenting selanjutnya adalah dengan tidak memberi label kepada anak kita, tidak terlalu banyak menuntut sebuah kesempurnaan dari anak kita, dalam artian kita tidak perlu melihat sisi kekurangan yang ada dalam diri anak kita, tetapi kita selalu melihat sisi kebaikannya. Dengan seperti itu maka anak tidak akan jatuh dalam perkataan orang tua, maka anak akan lebih termotivasi dengan pujian-pujian yang diberikan dari hasil kebaikannya.

Pengendalian diri

Pada tahap ini kita sebagai orang tua harus sadar bahwa jika sesuatu masalah itu terjadi tidak ada gunanya kita menyelesaikannya dengan emosi. Bagaimana cara kita bisa mengendalikan emosi? Tentu emosi ini sangat berhubungan dengan dimensi yang pertama yaitu  mendengarkan dan yang kedua kita tidak menghakimi maka dimensi yang ketiga sangat mudah untuk kita praktekkan.

 Adil dan Bijaksana

Nah pada dimensi yang ketika orang tua diajak untuk memberi apa yang dibutuhkan oleh anak kita bukan apa yang diinginkan, andai saja kita mengikuti apa yang dia inginkan kita tidak akan selesai dan tidak akan ada habisnya, selain itu kita juga tidak bisa mendidik mereka dengan selalu mengikuti apa yang dia mau saja. Akan tetapi kita akan memutuskan dengan adil dan bijaksana secara pasti, apa yang dubutuhkan bukan yang diinginkan.

Welas Asih atau Menerima Apa adanya

Sebagai orang tua mengenalkan atau mengajarkan anak untuk welas asih sangatlah penting, selain anak jadi bisa menghargai hak hidupnya dia juga pasti akan lebih menghargai manusia yang ada disekelilingnya.

Dengan lima langakah di atas, kita sebagai orang tua pasti dapat mendidik anak di jaman sekarang, jadi memasuki dunianya dan mengikuti perkembangan jaman adalah kunci untuk menerapkan pola asuh Mindful Parenting. Sehingga anak tidak akan melawan dan akan berprilaku dengan baik, meskipun jaman telah berubah kita jadi tidak usah khawatir tentang pergaulan anak kita sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here