Rahasia Khasiat Air Rebusan Serai Bagi Kesehatan

0
300
Khasiat Air Rebusan Serai Bagi Kesehatan
Khasiat Air Rebusan Serai

Picolozine.com, Semua orang apalagi ibu- ibu yang suka memasak pasti sudah mengetahui yang namanya serai. Serai memiliki tekstur daun yang kasar dan bagian batangnya mempunyai struktur yang tidak terlalu keras dengan warna putih. Bentuknya juga mirip dengan rumput besar. Ternyata serai selain bermanfaat untuk bahan masakan, khasiat air rebusan serai juga bisa bermanfaat untuk kesehatan.

Dalam tumbuhan serai ini terkandung banyak zat-zat ataupun senyawa yang begitu bermanfaat bagi tubuh kita. Adapun beberapa khasiat air rebusan serai ini akan kita bahas lengkap dalam artikel di bawah ini. Biasanya pemanfaatannya digunakan menjadi teh serai untuk obat herbal.

Ramuan Khasiat Air Rebusan Serai

Tanaman ini memiliki efek menenangkan pada tubuh, sehingga membantu dalam menstimulasi tidur dan menyembuhkan insomnia. Sifat antibakteri dan antijamur juga dimiliki oleh serai. Ini menjadikannya obat yang efektif untuk berbagai masalah kondisi kesehatan badan.

Serai bisa megatasi rasa mual, kram menstruasi yang parah, dan juga bertindak sebagai diuretik. Manfaat kesehatan lainnya yaitu untuk detoksifikasi hati, pankreas, ginjal, kandung kemih dan saluran pencernaan.

Kadar kolesterol normal yang ada dalam tubuh, memperbaiki pencernaan, racun dan lemak berlebih juga bisa dikendalikan dengan teh serai. Serai juga mendapatkan tempat dalam pengobatan Ayurveda kuno untuk sifatnya yang tak terhitung banyaknya, menghilangkan batuk pilek umum dan penyakit terkait lainnya.

Air Rebusan Serai Digunakan Sebagai Minyak Angin

Serai sangat banyak mengandung senyawa citral. Sedangkan senyawa citral itu sendiri merupakan bahan utama dalam pembuatan minyak atsiri. Maka dari itu rebusan serai dapat digunakan untuk minyak angin karena minyak atsiri sangat baik jika digunakan untuk tindakan balsamic dalam meringankan gejala flu dan masalah pernafasan. Rebusan serai bisa memberi efek hangat ke dalam tubuh kita.

Meringankan Gejala Insomnia

Gejala insomnia atau kesulitan tidur disebabkan oleh kelelahan, terlalu banyak beban pikiran, penggunaan alkohol yang berlebihan, masalah psikologis, jet lag, dan efek samping penggunaan obat. Saat anda konsumsi rebusan serai, maka gejala insomnia bisa berkurang. Sebab serai memiliki efek yang menenangkan bagi yang mengkonsumsinya jadi kualitas tidur bisa ditingkatkan.

Membantu Penderita Obesitas Mengontrol Berat Badannya

Fungsi serai juga digunakan untuk membakar kandungan lemak yang terdapat pada makanan. Ternyata rebusan seraibisa secara otomatis meluluhkan lemak yang terdapat dalam makanan yang ada di dalam tubuh. Selain itu proses BAB bisa menjadi lebih lancar. Hanya dengan serai yang digeprek direbus menggunakan air sebanyak 400ml sampai tersisa setengah gelas lalu diminum sebanyak satu sampai tiga kali dalam sehari. Maka pencernaan kita bisa jauh lebih baik dan terbebas dari tumpukan lemak. Efek jangka panjang, tubuh akan mendapatkan berat badan yang ideal.

Cara Membuat Teh Serai

Bahan

  • Beberapa batang serai
  • Air, 235 ml
  • Susu, jika diinginkan
  • Gula atau madu, sesuai selera
  • Saringan

Cara membuat

1. Kupas dan buang lapisan luar daun. Sebab ini akan membuat teh menjadi pahit.
2. Rebus air lalu  masukkan serai.
3. Biarkan air mendidih pada panas api kecil selama dua puluh menit. Semua saripati daun serai dengan cara ini bisa terekstrak.
4. Tambahkan pemanis dan didihkan selama 5 menit. Bila suka bisa ditambahkan beberapa sendok susu.
5. Angkat, lalu saring dalam cangkir kemudian minum selagi hangat.

Anda juga dapat menyajikan teh serai dengan es. Jika Anda ingin membuat es teh serai, tidak perlu menambahkan susu agar tidak eneg. Sehingga mengurangi kesegarannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here