Seputar Penyakit Kista yang Perlu Kamu Tahu

0
51
P
Penyakit kista yang harus diperhatikan gejalanya

Picolozine.com, Penyakit kista merupakan sejenis penyakit yang disebabkan oleh adanya benjolan atau kantung yang di dalamnya berisi cairan, semisolid, ataupun material gas yang bisa tumbuh di bagian tubuh mana saja. Benjolan ini menempel pada organ terdekat. Ukuran benjolannya pun bervariasi. Mulai dari yang sangat kecil (miskroskopik) sampai dengan ukuran yang sangat besar.

Perlu diperhatikan bahwa benjolan tersebut jika berukuran besar ternyata bisa menghimpit organ yang ada di sekitarnya. Penyakit ini tidak pandang bulu bisa menyerang siapa siapa yang berusia berapapun.

Perbedaan Kista, miom, dan tumor

Kamu harus bisa membedakannya dengan miom dan tumor. Karena ketiga ini berbeda. Kista tidak menimbulkan gejala apapun, kecuali jika dibiarkan maka bisa berkembang menjadi semakin besar dan parah.

Sementara miom atau dikenal dengan mioma (fibroid) adalah tumor jinak yang tumbuh di bagian otot atau jaringan ikat pada rahim wanita. Sebenarnya penyebabnya belum diketahui secara jelas, hanya saja dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron serta kehamilan pada wanita.

Miom sering tidak disadari kemunculannya oleh banyak wanita karena tidak menimbulkan gejala apapun. Namun jika dibiarkan, miom ini bisa menyebabkan pendarahan vagina, nyeri pada panggul, sering buang air kecil, sakit perut, bahkan sakit ketika berhubungan intim.

Kista berupa benjolan berisi cairan
Penyakit kista berupa benjolan pada kulit

Lain lagi dengan tumor yang merupakan massa jaringan yang berisi cairan atau daging yang tidak normal. Tentu saja padatan ini bisa berkembang di bagian mana saja dalam tubuh, seperti pada tulang, organ, dan juga jaringan lunak. Tumor ada dua jenisnya, ada tumor jinak, yang biasanya tidak berbahaya, dan tumor ganas atau disebut kanker.

Tumor bisa disebut sebagai cikal bakal kanker karena jika dibiarkan, tumor jinak bisa berubah menjadi ganas. Tetapi jika tumor dengan cepat diobati, biasanya penyakit ini bisa memberikan respon yang baik.

Ciri-ciri penyakit kista

  1. Ciri-ciri di payudara

Benjolan pada payudara bisa ditemukan pada satu atau kedua payudara. Biasanya puting susu terlihat being, berwarna kuning, atau coklat tua. Benjolan tersebut akan terasa lembut, mudah digerakkan, bentuknya bulat atau kadang oval, dan terasa nyeri.

Ukuran benjolan biasanya bertambah dan akan terasa semakin nyeri sebelum memasuki periode menstruasi. Dan akan ada penurunan ukuran benjolan setelah  masa haid.

  1. Ciri-ciri di Kulit

Benjolan cairan ini akan terdapat di bawah kulit, biasanya pada wajah, leher, maupun di tubuh kamu. Pembukaan benjolan biasanya disumbat komedo. Akan terasa nyeri, bengkak, dan kemerahan pada area benjolan. Ciri lainnya yaitu terdapat zat kuning yang kental yang menimbulkan aroma tak sedap yang biasanya keluar dari benjolan.

  1. Ciri-ciri di Ovarium

Benjolan di ovarium ada dua jenisnya,ada benjolan ovarium fungsional dan benjolan ovarium patologis. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Benjolan ovarium fungsional ini tidak berbahaya dan bisa hilang sendiri dengan mudah. Sedangkan benjolan ovarium patologis sebaliknya, lebih berbahaya. Penderita penyakit ini perlu perawatan khusus karena pertumbuhan selnya tidak normal dan bisa bersifat jinak ataupun ganas.

Penyakit ini memiliki ciri-ciri nyeri ringan di punggung bawah dan paha sebelum periode menstruasi hingga sebelum berakhir periode haid. Benjolan di ovarium juga menyebabkan nyeri ketika berhubungan seks.

Kamu juga akan merasakan nyeri ketika buanag air besar, mual, muntah serta merasakan nyeri pada payudara saat hamil. Perut terasa penuh dan berat. Kamu juga akan sering buang air kecil jika terkena penyakit ini.

Ada juga tanda-tanda kista yang berbeda. Jika kamu punya kekhawatiran dengan kondisi kesehatan kamu dan merasa gejala tertentu, segeralah konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnoda yang lebih pasti.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here