Simak Ini Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Untuk Pria dan Wanita

0
23
cara menjaga kesehatan reproduksi
Pria dan wanita harus mengetahui cara mengaja kesehatan reproduksi.

Picolozine.com, Masih banyak orang yang masih menyepelekan perihal masalah kesehatan reproduksi. Sering kali kita masih mengabaikan aspek-aspek yang dapat mengganggu kesehatan reproduksi atau secara tidak disadari oleh diri kita.

Kesehatan reproduksi sangatlah penting untuk dijaga, baik laki-laki maupun perempuan. Efek yang ditimbulkan jika tidak pandai-pandai merawat kesehatan alat reproduksi pun tidak main-main, mulai dari penyakit ringan hingga kronis siap menyerang. Hal ini juga berdampak pada sistem reproduksi, dan berpengaruh dalam proses mendapatkan keturunan.

Sistem reproduksi pada pria dan wanita memiliki struktur berbeda. Pada wanita terdapat sistem reproduksi berupa vagina, rahim (uterus), ovarium, tuba falopi, dan vulva. Sedangkan untuk sistem reprosuksi pria terdiri atas penis, testis dan skrotum atau buah zakar.

Akan tetapi sistem reproduksi laki-laki dan wanita sama-sama dirancang utnuk menghasilkan, melindungi, serta mengangkut sel pembuahan. Pada wanita khususnya, sistem reproduksi mereka bertanggung jawab untuk mempertahankan kehamilan dan sebagai tempat pertumbuhan dan perkembangan janin hingga waktunya lahir.

Ada pun cara menjaga kesehatan reproduksi agar tetap prima dan bisa menghasilkan keturunan yang sehat, berikut sejumlah caranya:

Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan alat kelamin menjadi salah satu cara untuk merawat dan menjaga kesehatan alat reproduksi lho. Kelamin yang kotor dapat meningkatkan resiko penyakit serta dapat mengganggu kerja sistem reproduksi.

Ada pun sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan alat kelamin seperti:

  • Selalu membersihkan alat kelamit usai buang air kecil maupun buang air besar dengan air mengalir. Selian itu juga bersihkan alat kelamin usah berhubungan seks.
  • Memastikan area gential selalu dalam keadaan yang kering dan tidak lembap.
  • Sebaiknya hindari penggunaan sabun wangi, sabun sirih, deodoran, bedak, dan vaginal douche karena dapat menyebabkan kuli di area kelamin rentan mengalami iritasi.
  • Pastikan mengganti celana dalam setiap hari, dan gunakan celana yang menyerap keringat dengan baik agar tidak lembap.
  • Untuk kaum pria, sebaiknya melakukan sunat untuk menghindari diri dari resiko infeksi bakteri pada alat kelamin. Hal ini karena kulit kulup yang tak terangkat dapat menjadi tempat berkumpulnya kotoran, dan jika kotoran itu dibiarkan menumpuk maka akan menyebabkan infeksi.

Konsumsi Makanan Sehat

Selain menjaga kebersihan alat kelamin, cara menjaga kesehatan alat reproduksi adalah dengan memakan makanan yang sehat. Makanan yang dikonsumsi setiap hari dapat memperngaruhi kesehatan reproduksi seseorang lho.

Jika memakan makanan yang sehat dan kaya akan gizi, tubuh akan semakin sehat dan bugar selain itu juga dapat menghindarkan diri dari berbagai penyakit, termasuk penyakit yang menyerang sistem reproduksi.

Bagi pria, asupan nutrisi yang tepat dapat mempengaruhi produksi sperma, dan bagi wanita dapat mempengaruhi produksi sel telur yang sehat dan berkualitas. Makanan sehat juga membantu tubuh wanita agar siap menjalani kehamilan tanpa hambatan komplikasi.

Rutin Cek Kesehatan ke Dokter

cara menjaga kesehatan reproduksi
Cara menjaga kesehatan reproduksi salah satunya adalah dengan rutin cek kesehatan ke dokter.

Sebagian orang memeriksakan kesehatan diri ketika ingin menjalani program hamil, padahal alangkah baiknya untuk selalu mengecek kesehatan sistem reproduksi sevara berkala guna mencegah penyakit di kemudian hari yang dapat muncul tanpa terduga.

Ada salah satu penyakit yang bernama endrometriosis yang dapat menyerang wanita. Jika dibiarkan tanpa adanya penangan yang tepat dapat berdampak pada wanita akan sulit hamil. Selain itu, infeksi sejenis ini dapat menyerang testis dan bisa membuat pria akan sulit membuahi sel telur pada wanita.

Adapun upaya untuk mencegah hal ini adalah dengan dianjurkannya melakukan pemeriksaan rutin kesehatan di klinik, rumah sakit, atau laboratorium kesehatan. Berikut jenis dari pemeriksaan kesehatan reproduksi yang umum dilakukan:

  • Pemeriksaan darah lengkap
  • Pemeriksaan urin
  • USG
  • HSG
  • Tes penyakit kelamin
  • Pap smear

Hindari Rokok dan Minuman Alkohol

Menjalani gaya hidup sehat merupaka kunci dari kesehatan tubuh secara menyeluruh, temasuk kesehatan organ reproduksi. Untuk menjalani gaya hidup yang sehat, alangkah baiknya untuk mengurangi atau bahkan berhenti merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol.

Selain itu, jangan lupa untuk berolahraga secara rutin agar tubuh tetap bugar setiap harinya. Dengan berolahraga ruitn dapat membantu dalam mencapai berat badan ideal dan memperbesar peluang sukses dalam menjalankan program kehamilan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here