Kelebihan dan Kekurangan Toyota All New Corolla 2000 1.8

0
26
All New Corolla 2000 1.8
Kelebihan dan Kekurangan Toyota All New Corolla 2000 1.8

Picolozine.com, Toyota Corolla merupakan mobil sedan yang sudah diperkenalkan oleh Toyota sejak 1966. Ternyata mobil sedan ini menjadi yang terlaris di dunia sejak 1974. Menurut data, hingga Februari 2017, tidak kurang dari 44,1 juta unit mobil produksi pabrikan Jepang ini terjual. Salah satu mobil generasi yang banyak dicari adalah All New Corolla 2000 1.8 yang kepopulerannya masih bertahan hingga sekarang.

Toyota Corolla ini sudah hadir hingga generasi sebelas. All New Corolla 2000 1.8 ini merupakan generasi delapan. Di rentang tahun 1995-2000, muncul New Corolla dan All New Corolla.

Mobil sedan generasi ini menjadi Toyota Corolla dengan mesin 1.800 cc pertama. Sebab, sebelumnya Corolla sudah identik dengan mobil sedan yang hanya punya tenaga pas-pasan saja.  

Lalu, apa yang membuat mobil sedan ini masih dicari hingga sekarang? Berikut kelebihannya.

Kelebihan All New Corolla 2000 1.8

1. Bagian Eksterior Elegan

Di bagian depan Toyota Corolla 1.8 ini dilengkapi dengan headlamp dengan grill yang dilapisi dengan warna chrome. Sedangkan bagian belakang mobil produksi Jepang ini dilengkapi lampu stop. Pada masanya, sedan ini punya fitur terlengkap dan termewah di kelasnya.

2. Memiliki Kabin yang Luas

Melihat ke bagian dalam, kapasitas kabin yang dimiliki Corolla 1.8 ini cukup luas. Desain dasbor juga tidak ketinggalan zaman. Bagian kursi perlu mendapat perhatian sedikit karena materialnya tidak dibuat dari kulit. Sehingga bila ingin terlihat mewah dan nyaman, bisa melapisi dengan jok kulit.

Kabin bagasi juga cukup luas. Barang-barang bawaan bisa diletakkan di sana saat bepergian. Selain membawa perlengkapan seperti baju dan barang penting lainnya, yang tidak boleh ditinggalkan adalah surat dokumen mobil. Apalagi dalam perjalanan jauh, jangan sampai surat penting tinggal atau pajak kendaraan mati. Selain mengganggu perjalanan, juga ada denda telat bayar pajak motor dan mobil, biasanya. Mending persiapkan semua dengan baik agar tidak rugi waktu dan uang untuk mengurusnya.

3. Didukung Mesin Bertipe 7A-FE

Toyota All New Corolla 2000
Kelebihan Toyota All New Corolla 2000 1.8

Masuk ke bagian mesin. Toyota Corolla 1.8 ini didukung oleh mesin bertipe 7A-FE 16 katup 4-silinder segaris. Artinya mesin ini berkapasitas 1762 cc. Mobil dengan kapasitas mesin ini dapat menyemburkan tenaga maksimal hingga 120 dk. Angka tersebut setara dengan putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 16 kgm yang setara dengan putaran mesin 4.400 rpm.

Suspensi yang digunakan All New Corolla 2000 1.8 ini adalah MacPherson Strut dengan coil spring stabilitator. Selain itu, juga menggunakan transmisi manual 5 speed, 4 speed automatic yang membuatnya semakin bertenaga.

Akselerasi Corolla 1.8 dari 0 hingga 100 km per jam dalam ditempuh dalam waktu 10,58 detik saja. Ukuran sedan dengan bodi kecil seperti Corolla, angka ini cukup impresif. Selain itu, kelebihan dari Corolla 1.8 ini juga disebut irit bahan bakar dengan output tenaga cukup besar.

Kekurangan All New Corolla 2000 1.8

Tidak hanya kelebihan, tentu di setiap kendaraan, apapun jenisnya, memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut beberapa poin yang menjadi kekurangan dari Toyota Corolla 1.8:

  • Material jok kurang mewah. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jok mobil sedan ini terlihat agak “murahan”. Untuk memperbaikinya bisa dengan mengganti dengan jok kulit agar lebih nyaman dan terlihat elegan.
  • Handling mobil kurang bagus.
  • Di putaran atas mesin kehabisan apas.
  • Terlalu ceper. Seperti diketahui, hampir di semua generasi mobil sedan ini ceper, termasuk All New Corolla 2000 1.8 ini. Ini akan menyulitkan saat melewati jalan yang berbatu alias tidak mulus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here