Tanaman Bajakah, Obat Kanker dari Kalimantan Tengah

0
15
obat kanker
Akar Bajakah disebut-sebut menjadi obat kanker alami dari Kalimantan Tengah.

picolozine.com, Penyakit kanker menjadi momomenakutkan bagi setiap orang. Kanker merupakan sebuah istilahpenyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel abnormal yang tak terkendali dalam tubuh. Penyakit jenis ini termasuk menempati deretan kedua dalam kasus penyebab kematian di seluruh dunia. Obat kanker pun setiap tahunnya selalu dicari dan diteliti.

Akan tetapi pada tahun 2019, telah ditemukan alternatif obat kanker yang berasal dari indonesia yang ditemukan oleh tiga pelajar SMA asal Kalimantan Tengah. Berkat penemuannya ini mereka meraih medali emas di World Invention Creativity Olympic, di Seoul, Korea Selatan pada 25 sampao 27 Juli 2019.

Berikut sejumlah fakta tentang akar Bajakah yang bisa jadi obat kanker alternatif:

Hanya Tumbuh di Hutan Kalimantan Tengah

Akar Bajakah yang disebut-sebut menjadi salah satu obat kanker ini rupanya berasal dari Kalimantan Tengah dan hanya tumbuh di tengah hutan. Pohon akar bajakah ini bisa hanya terdapat di daerah dengan pepohonan rimbun di tengah hitan dan tak banyak kena sinar matahari.

Tumbuhan yang bisa didapatkan di bagian dalam hutan dan salah satunya di hutan yang letaknya sekitar 2 jam perjalanan dari kota Palangkaraya. Pohon yang tumbuh secara merambat ini memiliki batang yang kuat dan berukuran cukup besar. Rambatan pohon ini bisa mencapai ketinggian lebih dari 5 meter.

Selain itu, akarnya pun bisa menghujam ke dasar aliran air lahan gambut dan pohon ini hanya bisa hidup di lokasi yang rimbun, atau di lingkungan pohon kanopi. Pohon ini jika hanya dilihat sekilas akan terlihat sama dengan pohon lain dan sulit dibedakan dengan pohon lain.

Kandungan Akar Bajakah

Berdasarkan hasil uji laboratorium yang dilakukan, akar Bajakah ini diketahui memiliki kandungan antioksidan yang jumlahnya ribuan kali lipat jika dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya. Bajakah juga teridentifikasi memiliki 40 kandungan zat yang dapat mematikan sel-sel kanker dalam tubuh. Zat-zat pembunuh sel kanker ini diantaranya saponin, fenolik, steroid, terpenoid, tannin, alkonoid, dan terpenoid.

Zat fitokimia atau fitonutrien ini disebut-sebut memiliki fungsi kesehatan diantaranya yaitu sebagai antioksidan, membantu memaksimalkan kerja sistem imun, vitamin A, dapat mematikan sel-sel kanker, memperbaiki struktur DNA yang rusak serta mendetoksifikasi senyawa karsinogen.

Jadi Obat Kanker Payudara Stadium Akhir

Tuai banyak perdebatan serta harus menjalani uji klinis guna membenarkan khasiatnya. akan tetapi ada saksi dari kebenaran fungsi tanaman ini sebagai penyembuh kanker.

obat kanker
Akar Bajakah telah digunakan masyarakat Dayak sebagai obat kanker.

Daldin, seorang seorang masyarakat dari Kabupaten Gunung Mas, Palangkaraya yang menuturkan jika akar tanaman Bajakah ini mampu menyembuhkan kanker. Hal ini dituturkannya berdasarkan pengalaman ibunya yang sembuh dari penyakit kanker payudara stadium akhir hanya dengan meminum air rebusan tanaman Bajakah yang dianjurkan oleh ayahnya.

Hanya dalam waktu sebulan kanker ibunya ini sembuh. Sebelumnya, sang ibu telah menderita kanker payudara selama 10 tahun yaitu pada 1970-1980, hingga bagian payudaranya ini mengeluarkan nanah. Ibunya pun menolak untuk dilakukan operasi dan memilih untuk pulang ke rumah serta menjalani pengobatan secara tradisional dengan meminum secara rutin air rebusan tanaman Bajakah.

Rutin konsumsi air rebusan tanaman Bajakah ini rupanya memberikan efek. Luka itu pun mengerin dan ketika diperiksa oleh dokter, kanker yang berada di payudara ibunda Daldin dinyatalan 99 persen telah tertangani.

Cara Pengolahan Bajakah Jadi Obat

Penggunaan tanaman Bajakah sebagai obat rupanya telah dilakukan oleh masyarakat Dayak dengan mengolahnya terlebih dahulu sehingga bisa dikonsumsi. Cara pengolahannya pun membutuhkan waktu.

Pertama, tanaman Bajakah yang didapatkan dari hutan dikeringkan secara alami dengan menjemburnya di bawah terik sinar matahari.

Setelah kering, cacah atau potong-potong halus batang tanaman bacakah lalu tumbuk hinga menjadi bubuk halus. Kemudian, bubuk itu direbus menggunakan air biasa selama kurang lebih 30 menit.

Usai direbus selama 30 menit, air rebusan dengan warna seperti teh dan terasa hambar itu kemudian diminum sebagai pengganti air minum sehari-hari.

Mengkonsumsi air rebusan bajakah secara rutin selama 2 bulan berturut-turut dapat menghilangkan tumor yang tumbuh di tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here