Tips Diet Air Putih yang Wajib DIketahui

0
17
tips diet air putih
Perhatikan tips diet air putih agar berjalan sesuai dengan tujuan.

picolozine.com, Rajin konsumsi air putih sangat bermanfaat untuk kesehatan dan salah satunya dapat membantu menurunkan berat badan lho. Namun, masih banyak orang yang salah presepsi terhadap diet ini, seperti hanya konsumsi air putih tanpa diimbangi dengan makanan sehat lainnya sehingga cenderung membuat badan lemas. Lalu, adakan tips diet air putih yang aman bagi kesehatan?

Konsumsi air putih secara teratur memiliki banyak manfaat. Salah satunya bisa mempermudah diet mu. Konsumsi air putih secara rutin bisa memperlancar kerja ginjal yang berguna untuk membuang limbah dan racun-racun berbahaya dalam tubuh. Meminum air bisa membuat kerja sistem pencernaan menjadi lebih efisien untuk mengolah makanan sehingga mencegah sembelit, serta mengendalikan nafsu makan.

Apa Manfaat Diet Air Putih?

Selain untuk membuat berat badan menjadi idel, diet air putih juga memiliki manfaat lho. Dalam jangka pendek, diet air putih dapat dirasakan langsung terutama oleh orang-orang yang memiliki penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterrol tinggi, serta kelebihan berat badan. Sedangkan bagi yang bertujuan ingin menurunkan berat badan saja, diet air putih ini baru akan terlihat hasilnya.

Berikut tips diet air putih yang tepat dan aman bagi kesehatan:

tips diet air putih
Simak ini tips diet air putih

Diet Air Putih Maksimal 3 Hari

Untuk Anda yang ingin melakukan diet air putih ada hal yang perlu diperhatikan. Dalam melakukan diet air putih hanya diperbolehnya dilakukan mulai dari 24 jam hingga maksimal 3 hari saja. Jika lebih dari 3 hari maka akan ada banyak potensi masalah kesehatan yang bermunculan.

Jika setelah 3 hari hanya konsumsi minuman minim gizi tanpa disertai asupan makanan bergizi, otak akan kekurangan nutrisi yang mengakibatkan gerak tubuh menjadi lambat. Hal ini bisa menyebabkan seseorang sulit berkonsentrasi, sering bengong, mudah tersulut emosi, serta rentan berhalusinasi. Selain itu, hal ini memicu migrain serta otak akan kehilangan paling banyak rptein dan membuat otot-otot tubuh perlahan-lahan mengecil dalam 72 jam pertama ketika melakukan diet air putih.  

Lakukan Di Waktu yang Tepat

Sebaiknyam pilih waktu yang tepat ketika ingin menjalankan diet ini, yaitu ketika tubuh sedang tidak memerlukan banyak energi. Seetalah menentukan waktu yang pas, Anda wajib untuk mempersiapkan tubuh dengan asupan nutrisi yang mencukupi sejak jauh-jauh hari sebelum memulai diet.

Anda bisa mulai mengurangi porsi makan besar dan camilan dalam beberapa hari jelang diet air putih, akan tetapi pastikan konsumsi lauk yang bervariasi serta mengandung nutrisi dan energi tinggi. Selanjutnya, mulailan perlahan dengan minuman kaya nutrisi seperti jus atau smoothie yang mengenyangkan pada awla-awal diet.

Hindari Olahraga Berat

Ketika sedang menjalani diet air putih, Anda harus menghindari olahraga terlalu berat agar tidak dehidrasi. Selain itu, hindari minum lebih banyak air dari biasanya ketika sedang diet. Terlalu banyak minum air putih juga bisa berbalik membahayakan kesehatan.

Perlu diingat, ketika Anda mulai jatuh sakit dan merasa sangat lemas di tengah-tengah waktu diet maka segera hentikan.

Selain itu, ketika Anda selesai melakukan diet air putih, hindari makan terlaly banyak sekaligus, Mulailah makan secara bertahap agar terhindar dari sakit perut dan gangguan pencernaan lainnya.

Tak Semua Orang Boleh Diet Air Putih

Die air putih ini tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Orang dewasa yang usianya sudah tua dan anak-anaka yang usianya di bawah 18 tahun tidak diperbolehkan untuk melakukan diet air putih ini. Selain itu, adapun yang tidak boleh melakukan diet ini adalah

  • Orang yang memiliki gangguan makan
  • Kekurangan berat badan
  • Sedang hamil dan menyusui
  • Memiliki masalah jantung
  • Diabetes tipe 1
  • Orang yang mengalami migrain tak terkendali
  • Orang yang sedang menjalani transfusi darah
  • Serta sedang konsumsi obat tertentu.

Mereka yang tidak diperbolehkan ini jika tetap menjalani program diet air putih memiliki potensi minumbulkan masalah kesehatan. Sebaiknya, jika ingin menjalankan diet air putih ini disarankan agar berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter agar tidak muncul penyakit-penyakit yang mengancam kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here