Tips Kesehatan Anak Selama Musim Hujan yang Wajib Diketahui

0
16
tips kesehatan
Orang tua perlu mengetahui tips kesehatan anak yang sering kali dilupakan ketika musim hujan.

picolozine.com, Bulan September hingga Desember dikenal dengan musim hujan. Di waktu inilah juga orang rentan terserang penyakit terutama anak-anak. Ada saja penyakit yang menyerang anak, seperti influenza, batuk, hingga demam berdarah. Maka dari itu, Ayah dan Bunda perlu mengetahui tips kesehatan anak di musim hujan agar tak mudah terserang penyakit.

Sebelum menuju tips menjaga kesehatan anak, sebenarnya apa sih yang menyebabkan orang dewasa terutama anak-anak mudah terserang penyakit di musim penghujan?

Pada dasarnya, penyakit bisa menyerang kapan saja. Akan tetapi, ketika musim hujan tiba, penyebaran penyakit pun mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan karena kurangnya paparan sinar matahari yang menyebabkan udara menjadi lembab dan menjadikan pertumbuhan penyakit semakin subur. Selain itu, penularan penyakit dari individu ke individu lainnya pun menjadi lebih cepat karena kondisi udara yang lembab.

Lalu, bagaimana cara mengantisipasi kondisi ini? Berikut adalah tips kesehatan anak agar terhindar dari serangan penyakit selama musim hujan.

Siapkan Perlengkapan Hujan

Selama musim hujan ini perlu adanya persiapan, salah satunya adalah perlengkapan hujan ketika sedang berpergian. Jangan lupa untuk selalu membawakan perlengkapan hujan ketika anak sedang pergi ke sekolah atau berpergian. Peralatannya antara lain payung, jas hujan, dan sepatu boots karet. Usahakan bawakan untuk anak Anda agar mereka terlindungi dari basah kuyup air hujan, terkena air genangan di jalan yang mungkin terkontaminasi dengan bakteri yang bisa membuat anak Anda sakit.

Menutup Wadah Penampungan Air

Hal yang wajib dilakukan ketika memasuki musim hujan adalah menutup wadah atau lubang berdasar yang ada disekitar tempat tinggal kita. Kenapa wajib?

Ketika musim hujan, perkembang biakan nyamuk pun semakin pesat terutama untuk spesies nyamuk demam berdarah yang sangat mudah berkembang biar di air yang menggenang. Nyamuk demam berdarah ini pun sangat berbahaya bagi anak, maka dari itu orang tua perlu mencegahnya dengan menutup penampungan air di sekitar rumah.

Selain itu, guna menghindari gigitan nyamuk Anda dan anak bisa menggunakan obat anti nyamuk, memasang kasa anti nyamuk di sekitar tempat tidur anak, atau memasangkan alat pengusir nyamuk di dalam rumah.

Berikan Asupan Sehat Bergizi

Makanan sehat dan bergizi tinggi tentunya menjadi salah satu upaya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh terutama anak-anak.  Seiring dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh anak, mereka akan tetap telindungi dari penyakit yang kerap menyerang ketika musim hujan. Seperti, batuk, pilek, demam, dan lain sebagainya.

Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

tips kesehatan
Salah satu tips kesehatan anak selama musim hujan adalah dengan mengantisipasi nyamuk demam berdarah.

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan menjadi poin terpenting agar tetap sehat. Menjaga kebersihan lingkungan dengan cara 3M Plus yaitu menutup penampungan air, mengubur barang-barang bekas yang bisa menjadi sarang nyamuk, dan menguras penampungan air agar selalu bersih, serta jangan lupa untuk menamburkan abate di tempat penampungan air guna mematikan jentik nyamuk.

Selain itu, menjaga kebersihan diri juga sangat penting lho. Pastikan untuk selalu konsumsi minuman dengan air yang bersih, selain itu ajarkan anak untuk mencuci tangan dengan benar. Hal ini bisa menjadi satu upaya untuk melindungi anak dari kuman serta infeksi vidurs yang bisa ditularkan melalui sentuhan.

Lakukan Vaksinasi

Salah satu hal yang menjadi penting dalam menjaga kesehatan anak ketika musim hujan adalah dengan melakukan vaksinasi. Hal ini dilakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh pada anak. Untuk hal ini, orang tua bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai vaksinasi yang tepat untuk anak Anda.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here