Tujuh Tanda Penyakit Lupus yang Harus Diwaspadai

0
55
Picolozone.com, Tujuh Gejala Penyakit Lupus
Gejala Penyakit Lupus

Picolozone.com, Penyakit lupus merupakan penyakit berbahaya yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh manusia. Penyakit lupus ini terjadi ketika tubuh memproduksi antibodi secara berlebihan sehingga sel-sel tubuh mengalami masalah berupa peradangan.

Antibodi pada tubuh orang biasanya tentu memiliki fungsi sebagai pelindung tubuh dari zat dan lainnya yang mengancam tubuh terkena penyakit. Akan tetapi, antibodi pada penderita lupus justru menyerang sel-sel tubuhnya sendiri.

Meski penyakit lupus sudah lumayan dikenal, secara statistik jumlah penyakit lupus ini relatif tidak terlalu banyak terjadi. Di Indonesia sendiri tercatat diperkirakan sekitar 12.700 mengidap penyakit lupus pada 2012 dan meningkat sebesar 13.300 pada tahun 2013.

Jumlah pengidap penyakit lupus yang tidak terlalu banyak ditambah dengan sulitnya mengetahui gejala dari penyakit lupus secara pasti membuat beberapa pihak kesulitan. Pasalnya, tanda-tanda dari penyakit lupus hampir sama dengan penyakit biasa lainnya.

Berikut ini tujuh gejala penyakit lupus yang dapat diwaspadi sebagaimana dilansir dari Reader’s Digest pada Senin, 22 Januari 2018.

  1. Sakit flu tak kunjung sembuh

Direktur Laboratorium Dirks Dougherty, Delphine Lee, MD, PhD, mengatakan banyak orang menganggap penyakit demam, menggigil, dan nyeri pada otot merupakan penyakit flu biasa. Padahal flu yang tak kunjung sembuh bisa jadi menjadi awal gejala lupus.

“Perbedaan antara flu dan lupus adalah flu akan membaik dalam empat sampai sepuluh  hari,” kata Dr Lee.

Ia menambahkan jika flu terjadi selama berminggu-minggu segera pergi ke dokter untuk mengecek kondisi kesehatan.

  1. Penurunan berat badan secara drastis

Mengalami penuruan berat badan secara drastis kedengarannya sehat dan diidam-idamkan, tetapi jika itu terjadi apalagi secara tiba-tiba bisa jadi itu merupakan gejala penyakit lupus.

Lupus bisa menyerang kelenjar tiroid dan memengaruhi berat badan manusia. Dr Lee menyebut bahwa penuruan berat badan ini adalah yang paling umum, tetapi lupus juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan bagi beberapa orang.

  1. Muncul benjolan di sekitar leher

Ketika lupus datang menyerang tubuh membuat kerja kelenjar getah bening yang ada di sekitar leher bekerja lebih ekstra. Akibatnya bagian itu jadi bengkak dan terasa nyeri jika disentuh. Benjolan ini umumnya ada di leher, rahan, bagian belakang telinga.

Namun, tidak menutup kemungkinan juga muncul di bagian selangkangan, perut, ketika, klavikula, dan bagian tubuh lainnya.

  1. Muncul ruam di sekitar wajah

Dr Lee menyebut bahwa bintik-bintik merah di sekitar wajah mulai muncul akibat dipicu oleh sinar matahari merupakan gejala lupus yang unik. Gejala wajah merah ini baru bisa diperkirakan sebagai gejala penyakit lupus ketika ruam merah tersebut tetap ada ketika penderitanya meninggalkan sinar matahari.

  1. Rambut mulai rontok

Gejala penyakit lupus lainnya adalah kehilangan rambut secara drastis. Rambut rontok bisa menjadi suatu tanda penyakit lupus, apalagi jika kehilangan rambut itu dalam volume yang signifikan dan secara tiba-tiba.

  1. Tangan mudah dingin

Dr Lee menyebut banyak wanita yang memiliki tangan yang dingin, jika kondisi semakin dingin tangan bahkan bisa biru. Jika hal ini terjadi bisa diketahui bahwa ini adalah sindrom Raynaud. Sindrom ini bisa menjadi salah satu tanda lupus.

  1. Sesak pada bagian dada

Penyakit lupus ini dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan di seluruh tubuh, termasuk di bagian jantung dan paru-paru sehingga membuat dada terasa nyeri. Dr Lee menjelaskan, jika paru-paru yang terkena, maka mungkin juga akan mengalami sesak napas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here