Vaksin Corona telah Tahap Uji Coba, Ini Reaksi para Relawan setelah Disuntikan

0
9
Vaksin Corona telah Tahap Uji Coba, Ini Reaksi para Relawan setelah Disuntikan

picolozine.com, Uji coba vaksin Corona Sinovac di Indonesia telah diberikan kepada 21 orang relawan yang dipilih secara acak. Para relawan akan diberikan vaksin setelah dinyatakan negatif Covid-19 dari hasil swab test dan rapid test,serta dinyatakan sehat secra medis atau tidak memiliki sakit penyerta. Beberapa orang relawan yang sudah disuntikan vaksin mengalami reaksi sakit dan bengkak dibagian bekas suntikan, serta perubahan suhu tubuh. Hal itu disampaikan oleh ketua Tim riset uji Klinis covid-19 Prof Kusnandi Rusmil.

Para relawan uji vaksin akan dipantau kesehatannya selama 6 bulan setalah uji vaksin terakhir serta diberikan jaminan asuransi kesehatan.  Jika para relawan mengalami keluhan ringan seperti yang dipaparkan Prof Kusnadi, maka disarankan untuk mengkonsumsi paracetamol.

Salah seorang relawan uji klinis vaksin covid-19 buatan sinovac, Fadly berusia 32 tahun yang berprofesi sebagai pengemudi ojek online telah mendapatkan uji coba vaksin pertama pada 11 Agustus 2020 kemarin.  Fadly mengaku bahwa efek yang dirasakan hanya merasa kantuk berat,lapar dan suhu tubuh sedikit meningkat. Penanganannya cukup mudah dengan memberikan paracetamol yang bisa didapatkan di apotik.

“Pas pertama (disuntikan) ngantuk banget, saya kira saya jarang tidur, tapi ngantuknya enggak bisa ditahan. Pas bangun, enak ke badan dan nafsu makan tinggi,” ujar Fadly saat dihubungi, Jumat (14/8/2020).

Setelah disuntikan vaksin, ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan. Salah satunya adalah mengonsumsi beberapa jenis obat.  “Pantangannya ada, yang saya ingat salah satu jenis obat enggak boleh dimakan, karena bisa menurunkan imun. Tapi aktivitas lain boleh, bahkan setelah divaksin saya ngojeg lagi,” ujar Fadly.

Fadly mengajak 6 anggota keluarganya yang lain juga menjadi relawan vaksin Sinovac. Awalnya ia merasa takut untuk ikut menjadi relawan, namun adiknya yang lebih dulu menjadi relawan mengatakan tidak mengalami raksi apapun. Akhirnya fadly pun memutuskan untuk ikut menjadi relawan. Fadly berharap keikutsertaannya menjadi relawan bisa meningkatkan kondisi fisiknya agar kebal dari virus Covid-19. “Ini kan vaksin gratis, ya sudah ikut. Kalau nanti kan ribet. Setelah lihat efeknya, enggak ada apa-apa, ya ikut,” ujar Fadly.

Pendaftaran calon relawan uji klinis vaksin Corona fase 3 masih akan dibuka hingga 31 Agustus 2020. Untuk fase 3, jumlah relawan yang dibutuhkan adalah sebanyak 1.620 orang. Hingga kini, jumlah relawan yang mendaftar sebanyak 1.451 orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here