Vaksin COVID-19 yang Berhasil Ciptakan Antibodi Virus Corona

0
38
vaksin covid-19
Vaksin COVID-19 yang Berhasil Ciptakan Antibodi Virus Corona

picolozine.com, Pengembangan vaksin COVID-19 semakin menunjukkan hasil yang baik. Dari ratusan vaksin yang dikembangkan di seluruh dunia, setidaknya terdapat beberapa vaksin yang berhasil menciptakan antibodi penangkal virus Corona. Vaksin tersebut sudah memasuki tahap uji klinis pada manusia. Bahkan di China, vaksin COVID-19 yang dikembangkan disebut mulai bisa digunakan untuk darurat pada September mendatang.

Vaksin disebut menjadi metode yang ampuh untuk mengakhiri pandemi virus Corona yang saat ini sudah menginfeksi lebih dari 8 juta orang di seluruh dunia.

Berikut daftar vaksin COVID-19 yang disebut berhasil menciptakan antibodi penangkal COVID-19:

1. Ad5-nCoV

Vaksin Ad5-nCoV buatan Beijing Institute Biotechnologies dan CanSino Biological telah berhasil memicu antibodi penawar pada puluhan pasien. Ad5-nCoV adalah vaksin virus Corona pertama yang masuk dalam uji klinis manusia di China.

Vaksin ini telah diuji coba ke manusia sejak Maret 2020 lalu yang dilakukan pada sukarelawan berusia 18-60 tahun. Vaksin ini menggunakan adenovirus untuk mengirimkan materi genetik yang berisi kode protein SARS-CoV-2. Dalam studi yang diterbitkan di jurnal Lancet, Ad5-nCoV aman digunakan efektif untuk respons kekebalan tubuh setelah diuji pada manusia.

Semua peserta yang diberi dosis vaksin dengan berbagai tingkatan memicu respons kekebalan dalam bentuk antibodi yang mengikat setelah dua minggu vaksinasi. Setelah 28 hari, vaksin Ad5-nCoV tampak ditoleransi dengan baik pada semua dosis tanpa efek samping yang serius pada semua peserta.

2. CoronaVac

Perusahaan bioteknologi asal China, Sinovac, mengumumkan hasil studinya yang menunjukkan vaksin untuk COVID-19 yang mereka kembangkan atau CoronaVac menghasilkan respons kekebalan virus Corona. Lebih dari 90 persen kandidat sukarelawan yang disuntik vaksin pada interval 14 hari telah menginduksi antibodi penawar COVID-19. Temuan ini berdasarkan hasil uji coba fase I dan II di China dengan 734 sukarelawan yang sehat berusia 18-59 tahun.

3. mRNA-1273

Vaksin ini dikembangkan oleh perusahaan biotek Moderna di Amerika Serikat dengan nama mRNA-1237 juga disebut berhasil menciptakan antibodi penangkal virus Corona COVID-19. Berdasarkan penelitian perusahaan, antibodi dari 8 orang yang diujicobakan mampu menghasilkan antibodi Covid-19. Antibodi tersebut sama dengan para ‘survivor’ yang pernah tertular Covid-19.

Setelah uji klinis tahap 1 dan 2 disebut berhasil, kini Moderna akan melakukan pengujian vaksin COVID-19 tahap 3 dengan 30 ribu sukarelawan yang akan dimulai pada Juli 2020 mendatang. Moderna disebut memiliki kemampuan untuk memproduksi 500 juta hingga 1 miliar dosis vaksin COVID-19 per tahun. Perusahaan ini menerima dana dari pemerintah AS untuk mengembangkan vaksin, melakukan tes dan meningkatkan produksi dengan tujuan memvaksinasi 300 juta orang di awal tahun depan.

Berikut sejumlah vaksin COVID-19 yang mulai menghasilkan titik terang melalui hasil uji klinis pada manusia. Ketiganya dapat diterima baik oleh tubuh para relawan sehingga menimbulkan antibodi untuk melawan virus Corona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here