Wajah Kamu Dipenuhi Flek Hitam? Kenali Penyebabnya

0
80
Noda hitam di wajah
Flek hitam di wajah

Picolozine.com, Noda hitam di wajah merupakan masalah yang sering dihadapi oleh banyak wanita. Tentu saja memiliki muka mulus bak artis korea menjadi dambaan dan apapun akan dilakukan demi mendapatkan hasilnya.

Tahukah kamu apa saja penyebab flek hitam pada kulit muka? Tidak hanya disebabkan oleh sinar matahari tetapi ada beberapa faktor lainnya. Berikut penjelasannya.

Terkena sinar matahari

Flek hitam di wajah karena paparan sinar matahari
Paparan sinar matahari bisa menyebabkan noda di wajah

Ini merupakan faktor yang paling sering membuat banyak flek hitam pada kulit muka kamu. Sinar matahari yang berlebihan bisa membuat noda hitam muncul semakin banyak. Hati-hati ya, sebab tidak hanya menimbulkan noda, tetapi sinar matahari juga bisa menyebabkan kanker kulit, lho. Bahaya banget kan? Oleh sebab itu, kamu harus selalu menggunakan sunscreen ketika keluar rumah di siang hari.

Kosmetik yang tidak cocok

Tentunya kosmetik mengandung bahan kimia yang bisa membuat kulit muka terkena masalah jika tidak cocok. Bahan kimia pada kosmetik bisa memicu melanocyte yang menghasilkan melanin. Kandungan pada kosmetik juga memicu fotosensitifitas yang bisa membuat kulit kamu sensitif terhadap paparan sinar matahari. Penting buat kamu untuk selektif ketika menggunakan kosmetik.

Faktor genetik

Noda hitam pada wajah juga bisa disebabkan karena faktor genetik. Orang yang punya faktor genetik ini di tubuhnya akan rentan terhadap penyakit seperti melasma yang diakibatkan oleh alergi ringan, paparan sinar matahari, maupun perubahan hormon. Kamu harus tahu gimana caranya agar flek hitam di kulit muka kamu tidak semakin banyak. Kamu juga harus memberikan proteksi untuk kulit muka kamu.

Kekurangan vitamin

Vitamin merupakan hal penting yang bisa memberikan kesehatan untuk kulit muka kamu. Nah, akan sangat berpengaruh jika kamu tidak mengkonsumsi vitamin. Akibatnya pigmentasi pada wajah kamu akan terlihat jelas, lho. Pastikan untuk kamu mendapatkan asupan vitamin B12, K, dan juga vitamin E agar mencegah munculnya flek hitam di kulit muka kamu.

Bekas jerawat

Bekas jerawat yang susah hilang tentu membuat kamu kesal dan mengurangi tingkat kepercayaan dirimu. Masalah ini hampir dialami oleh semua wanita, apalagi yang punya kulit berjerawat. Jerawat menginggalkan bekas hitam di wajah dan membuat penampilan kamu tidak maksimal. Tapi tenang saja, sebab kamu bisa mengatasinya dengan krim yang mengandung hydroquinone, vitamin C, atau kojic acid. Ketika jerawat munucl, kamu juga tidak dibenarkan untuk memencetnya karena bisa menimbulkan bekas.

Polusi udara

Polusi udara menyebabkan noda hitam wajah
Polusi udara menyebabkan flek hitam di wajah

Polusi udara juga menjadi pemicu munculnya noda hitam di kulit muka kamu. Polusi udara juga menyebabkan iritasi pada kulit, merusak lapisan kulit, dan menimbulkan inflamasi. Ini akan memicu produksi melanin yang bisa menyebabkan munculnya noda hitam pada wajah.

Pengaruh hormonal

Hormon estrogen, progesteron, dan Melanin stimulating hormon bisa menyebabkan noda hitam di kulit muka. Biasanya masalah ini sering terjadi pada wanita yang sedang hamil. Sehingga banyak wanita hamil punya banyak flek hitam di muka.

Jangan biarkan flek hitam di wajah mengganggu penampilan kamu. Penting untuk menggunakan sunscreen dan masker ketika keluar rumah ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here