Waspada Malaria, Ini Bahan Alami yang Bantu Redakan Gejala

0
5
Penyakit Malaria
Waspada Malaria, Ini Bahan Alami yang Bantu Redakan Gejala

Picolozine.com, Banyak penyakit yang dianggap remeh padahal mengancam jiwa, salah satunya malaria. Penyakit ini biasanya tertular melalui gigitan nyamuk Anopheles. Biasanya orang yang terinfeksi akan menimbulkan gejala-gejala yang cukup parah. Gejala muncul pada waktu 7 sampa 18 hari setelah mendapat gigitan oleh nyamuk yang terinfeksi. Hanya pada beberapa kasus tertentu saja, gejala timbul pada hitungan waktu tahunan.

Penting untuk kamu ketahui, gejalanya yaitu timbulnya demam dengan suhu badan yang tinggi yaitu sekitar 38 derajat celcius bahkan lebih. Selain itu juga dibarengi dengan rasa sakit kepala yang cukup berat. Tidak hanya itu, gejala lainnya yang juga perlu diwaspadai yaitu timbul muntah, diare dan nyeri otot.

Jangan khawatir ya, malaria bisa disembuhkan kok. Saat merasakan gejala-gejala tersebut kamu mungkin bisa segera pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan terbaik. Hal itu karena penyakit ini ternyata juga bisa menyebabkan kematian jika tidak lekas ditangani dengan ahlinya ya. Nah sedikit tips, kamu juga bisa menggunakan rempah-rempah alami, buah, dan lainnya yang alami untuk membantu penyembuhan.

Apa sajakah bahan alami yang bantu sembuhkan malaria? Berikut penjelasannya.

1. Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang punya banyak manfaat. Zat antibakteri dan antiinflamasi pada jahe dapat meredakan gejala malaria seperti nyeri dan mual. Kamu bisa meminum air rebusan jahe, atau dengan cara lainnya.

2. Kunyit

Kunyit juga merupakan rempah yang punya segudang manfaat loh. Zat antioksidan yang terkandung di dalamnya membantu menetralkan tubuh dari racun dan infeksi. Pada penyakit ini, kunyit juga bisa membantu menghancurkan parasit. Untuk meredakan gejala, kunyit juga bisa meredakan nyeri otot dan sendi.

3. Kayu Manis

Kamu bisa mencampurkan kayu manis dengan air hangat kemudian meminumnya. Zat baik dalam kayu manis bisa membantu meredakan gejala demam tinggi, menggigil, muntah-muntah, diare dan nyeri otot.

4. Jeruk

Kandungan baik dalam jeruk yang kaya akan vitamin C mampu meredakan gejala malaria dan membantu proses pemulihan. Kamu bisa menggunakan jeruk yang dibuat jus tanpa gula. Bisa juga menggunakan jeruk nipis. Selain itu kamu juga bisa mengonsumsi jeruk bali yang dipercaya ampuh menyembuhkan malaria.

5. Minyak Mustard

Mustard atau juga dikenal dengan moster merupakan bahan alami yang berasal dari biji sesawi. Hebatnya minyak ini juga mampu menjadi obat herbal yang menyembuhkan malaria. Kamu bisa menggunakan minyak ini untuk menggoreng dan semacamnya.

Nyamuk pembawa infeksi malaria tersebut membawa parasit plasmodium yang kemudian menggigit manusia dan menyebar ke aliran darah. Dalam waktu 48 hingga 72 jam, parasit tersebut berkembang biak kemudian menyebabkan sel yang terinfeksi menjadi pecah. Penyakit ini sering ditemukan pada daerah yang beriklim tropis dan subtropics.

Penyakit malaria kini sudah sangat sering terjadi terutama di Indonesia. Kamu bisa mencegah terkena penyakit tersebut dengan menjaga tubuh dari gigitan nyamuk seperti menggunakan lotion atau minyak anti nyamuk, menggunakan semprotan anti nyamuk di ruangan, dan menggunakan pakaian panjang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here