Waspadai Bahaya Kanker Kulit yang Dapat Mematikan Penderitanya

0
59
kanker kulit mematikan
kanker kulit

picolozine.com, Kanker tercatat seebagai penyakit mematikan di dunia. Kanker kulit adalah salah satu jenis penyakit kanker yang juga dapat merenggut nyawa penderitanya.

Kanker kulit adalah kelainan pada sel kulit yang disebabkan oleh mutasi pada DNA sel. Kanker ini umumnya terjadi pada bagian kulit yang terpapar sinar matahari. Namun dapat juga menyerang sel kulit yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Biasanya kanker kulit disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet sehingga menyebabkan kerusakan DNA pada jaringan sel kulit. Beberapa faktor yang meningkatkan risiko penyebabnya yakni :

  • Biasa menyerang orang berkulit cerah

Sebenarnya warna kulit apapun tidak menutup kemungkinan terkena kanker. Namun kulit putih atau cerah memiliki risiko lebih. Hal itu dipicu karena kulit cerah memiliki pigmen yang lebih rendah sehingga memiliki perlindungan radiasi UV lebih rendah.

  • Sering terpapar sinar matahari

Bahaya sinar UV yang dihasilkan oleh matahari memicu penyebab kanker. Orang yang lebih sering terpapar sinar matahari akan lebih berisiko. Biasanya ini karena daerah tempat tinggal yang berada pada daerah tropis.

  • Tahi lalat

Penyebab lainnya juga di pengaruhi oleh tahi lalat. Biasanya jumlah tahi lalat atau bentuk dan ukuran tahi lalat yang tidak wajar merupakan salah satu tanda kanker.

  • Usia

Orang yang berusia lanjut juga lebih berisiko dibandingkan dengan usia muda seperti remaja dan anak – anak.

  • Penggunaan Make Up

Make up yang biasa digunakan sehari – hari tentunya berbahan dasar kimia. Menggunakan nya setiap hari juga menurut penelitian sangat memicu risiko kanker kulit.

  • Terkena radiasi

Pemicu lainnya yaitu radiasi yang dipaparkan oleh alat – alat teknologi, yang mana dapat merusak jaringan sel kulit saat bersentuhan langsung dengan kulit.

Jenis kanker kulit sendiri terbagi menjadi dua yakni, melanoma dan non-melanoma. Gejala yang biasa dialami seperti :

  1. Timbul benjolan pada kulit
  2. Munculnya lesi yang ada pada kulit
  3. Tahi lalat yang terlihat tidak normal

Kanker kulit dapat di diagnosa melalui beberapa langkah pemeriksaan dokter. Seperti kanker yang lain, kanker kulit mempunyai beberapa stadium.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here