Yuk Diet dengan 3 Makanan Rendah Kalori Ini!

0
26
makanan rendah kalori
Salah satu cara diet adalah dengan konsumsi makanan rendah kalori.

picolozine.com, Diet menjadi salah satu cara untuk menormalkan atau membuat berat badan seseorang menjadi ideal. Jenis-jenis diet pun beragam, ada yang diet air putih, diet karbohidrat, dan lain sebagainya. Sering kali orang juga memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya seperti konsumsi makanan rendah kalori. Namun, terkadang orang-orang masih bingung makanan rendah kalori yang bikin kenyang.

Selain makanan rendah kalori yang bikin kenyang tentunya diperlukan makanan enak yang rendah kalori. Masih banyak orang yang berfikir jika makanan rendah kalori itu tidak enak atau rasanya yang biasa-biasa saja. Namun jangan khawarir, ada banyak menu yang bisa Anda temui untuk membuat makanan rendah kalori. Berikut adalah bahan makanan rendah kalori yang bisa diolah menjadi makanan enak.

Oatmeal

Oatmeal sedah menjadi salah satu bahan makanan yang seringkali dikonsumsi untuk sarapan pagi orang-orang yang tengah menjaga asupan kalori pada tubuh. Makanan ini selain enak, rendah kalori juga memiliki sifat yang mengenyangkan lho. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang tinggi dan kemampuanya untuk menyerap air.

Oat memiliki sumber serat larut yang baik dan disebut dengan beta-glukan yang dapat membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat. Jika dibandingkan dengan sarapan siap saji lainnya, oatmeal ini jauh lebih baik dalam menekan nafsu makan, serta dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori sepanjang hari.

Untuk menu sarapan, Anda bisa mencoba menu Oatmeal buah dan kacang ini. Berikut bahan-bahannya:

Bahan:

  • 1 gelas susu (low fat)
  • 1 mangkuk oatmeal
  • 1 buah pir atau apel yang sudah dipotong dadu
  • ½ cup kismis dan kacang almon
  • 1 sdt gula

Cara Membuat:

  • Pertama panaskan susu di dalam panci, kemudian tuangkan oatmeal dan aduk hingga rata.
  • Kedua, didihkan oatmeal selama 3 menit sambil perlahan kecilkan api. Aduh terus hingga oatmeal melunak , kemudian angkat.
  • Ketiga, setelah dipindahkan ke dalam wadah tambahkan potongan buah pir atau apel (sesuai selera), serta tambahkan kismis dan kacang almon.
  • Terakhir, tambahkan 1sdt gula. Aduk, dan sajikan.

Kentang

Banyak orang yang menghindari konsumsi kentang dalam program dietnya karena mengandung karbohidrat tinggi. Akan tetapi, pendapat ini rupanya tak sepenuhnya benar lho. Kentang bisa jadi salah satu makanan rendah kalori yang bisa jadi pilihan Anda.

makanan rendah kalori
Kentang jadi salah satu makanan rendah kalori yang bisa dimasukan ke dalam menu diet.

Kentang memiliki kandungan citamin, serat, nutrisi, serta beberapa jenis pati yang disebut pati tahan cerna atau pati resisten. Jenis pati ini mengandung setengah kalori dari pati pada umumnya dan bekerja seperti serat larut dalam sistem pencernaan. Serat larut ini akan membuat perut terasa lebih kenyang dengan cepat. Menariknya, jika mendinginkan kentang setelah dimakan bisa meningkatkan kandungan pati resisten dalam kentang.

Kentang ini bisa diolah dengan cara direbus agar kadar kalornya tidak terlalu tinggi. Jangan konsumsi kentang dengan cara digoreng. Jika digoreng kandungan kalorinya dan lemaknya akan semakin bertambah.

Salad Sayur

Salad menjadi salah satu makanan yang diandalkan untuk menjalankan diet. Selain rendah kalori, salad juga enak untuk disantap sebagai camilan lho. Anda bisa mencampurkan berbagai sayuran seperti paprika, bayam, kembang kol, selada, dan tomat ditambah dengan minyak zaitun untuk makanan.

Anda juga bisa membuat salad sayur Zucchini di rumah lho. Berikut bahan-bahan dan cara membuatnya

Bahan:

  • 1 kg zucchini segar yang telah di iris-iris tipis
  • ½ sdm jus lemon
  • 1 sdm minyak zaitun sebagai dressingnya

Cara Membuat:

  • Pertama, rebis zucchini dalam air panas. Jangan terlalu lama karena warna zucchini bisa berubah.
  • Kemudian, angkat dan saring zucchini yang telah direbus dan siram dengan air dingin.
  • Selanjutnya, tempatkan zucchini ke atas piring saji dan siram dengan jus lemon dan minyak zaitun.
  • Salad zucchini pun siap disajikan.

Itu dari beberapa bahan makanan rendah kalor dan enak yang bisa dicoba di rumah untuk program diet Anda. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here